Rusia Diyakini Inginkan Assad Lengser? - Radar Militer

23 Desember 2015

Rusia Diyakini Inginkan Assad Lengser?

Presiden Suriah Bashar al-Assad
Presiden Suriah Bashar al-Assad

Rusia, yang selama ini selalu membela Presiden Suriah Bashar al-Assad, diyakini sejatinya memiliki keinginan untuk turut melengserkan Assad. Namun, Negeri Beruang Merah itu tidak berani untuk mengungkapkan secara langsung.
Menurut sejumlah diplomat negara Barat, Rusia saat ini tengah menunggu momen untuk bisa melengserkan Assad. Momen tersebut adalah ketika pemerintahan transisi sudah terbentuk di Suriah.
"Apa yang kita miliki saat ini adalah sebuah langkah yang berujung pada lengsernya Assad dari jabatannya saat ini," ucap para diplomat Barat yang berbicara dalam kondisi anonim tersebut merujuk pada upaya untuk membuat pemerintah transisi di Suriah.
"Dan Rusia telah sampai ke titik di mana mereka secara pribadi menerima bahwa Assad akan pergi pada akhir transisi ini, mereka hanya tidak siap untuk mengatakan hal tersebut secara langsung," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (18/12).
Pemerintah transisi Suriah, berdasarkan perjanjian Wina diharapkan akan terbentuk dalam kurun waktu enam bulan ke depan. Setelah terciptanya pemerintahan transisi, langkah selanjutnya adalah menggelar pemilu di Suriah, untuk mencari pemimpin baru negara tersebut.

Sumber : http://international.sindonews.com/read/1070631/42/rusia-diyakini-ingin-assad-lengser-1450448193

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb