Kapal Selam Nuklir INS Arihant Uji Coba Rudal Balistik Buatan India - Radar Militer

22 April 2016

Kapal Selam Nuklir INS Arihant Uji Coba Rudal Balistik Buatan India

 INS Arihant Uji Coba Rudal Balistik
 INS Arihant Uji Coba Rudal Balistik

Kapal selam tenaga nuklir India, INS Arihant, untuk pertama kalinya menembakkan rudal balistik. Manuver itu sebagai uji coba sebelum kapal selam INS Arihant secara resmi melayani Angkatan Laut India.
Pihak Angkatan Laut India pada Selasa (19/4/2016) mengkonfirmasi kesuksesan uji coba itu.
”INS Arihant kini menjalani tahap penerimaan yang sudah melewati beberapa latihan menyelami laut dalam. Kapal selam itu akan ditugaskan setelah menyelesaikan semua uji coba laut,” kata H.C.S. Bisht, Wakil Laksamana Angkatan Laut India, seperti dikutip Russia Today.
Kapal selam INS Arihant dengan berat 6 ribu ton merupakan kapal selam bertenaga nuklir pertama yang bisa meluncurkan rudal berkemampuan nuklir yang diproduksi sendiri oleh India.
Dengan demikian, India telah menjadi salah negara berkekutan nuklir yang berhasil membuat kapal selam beserta rudal secara mandiri.
Kapal itu dibangun di Ship Building Centre di Visakhapatnam, salah satu dari 13 pelabuhan utama di India, dengan bantuan dari spesialis Rusia dan diluncurkan pada tahun 2009.
INS Arihant diharapkan beroperasi setelah menyelesaikan rangkaian uji coba laut pada bulan Februari dan berpartisipasi dalam International Fleet Review pada bulan yang sama. Pada tanggal 23 Februari, kapal itu sebenarnya telah dinyatakan siap beroperasi.
Namun, India tetap memilih uji coba tambahan dengan peluncuran rudal balistik pada bulan Maret. Kapal INS Arihant dilaporkan sukses menembakkan rudal K-4 pada 7 Maret dan kemudian pada tanggal 31 Maret sukses menembakkan rudal K-4 rudal dari kedalaman 20 meter di bawah air.
Rudal K-4 sendiri merupakan rudal jarak pendek yang dikembangkan oleh India sendiri.

Sumber : http://international.sindonews.com/read/1102245/40/kapal-selam-nuklir-india-buatan-sendiri-jajal-rudal-balistik-1461053248

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb