Korut Bangun Replika Kantor dan Kediaman Presiden Korsel untuk Ditembaki Artileri

Irvan Dwi P 07:00
Loading...
 Replika Kantor dan Kediaman Presiden Korsel
 Replika Kantor dan Kediaman Presiden Korsel 
Korea Utara (Korut) sedang bersiap untuk membuat replika Gedung Biru (Blue House), kantor dan kediaman Presiden Korea Selatan. Replika yang dibangun di luar Pyongyang ini akan dijadikan target senjata artileri Korut.
Militer Korea Selatan mengungkapkan hal itu pada Rabu (27/4/2016). Tampaknya, apa yang dilakukan Korut merupakan bagian dari propaganda permusuhan terhadap Korea Selatan (Korsel). Seorang pejabat Kepala Staf Gabungan Militer Korsel di Seoul mengatakan, militer Korut terdeteksi sedang membangun replika, yang besarnya separuh dari aslinya, awal bulan ini.
"Korut tampaknya sedang bersiap untuk meluncurkan sebuah serangan ejekan (tiruan) terhadap Blue House dengan menggunakan replika sebagai target," kata pejabat itu. Sekitar 30 senjata artileri telah dibawa ke lokasi jangkauan. Namun, artileri itu tidak terlihat karena memang sengaja disembunyikan dengan penutup khusus.
"Latihan ini diyakini untuk memicu permusuhan dengan Korsel, menyerukan loyalitas (kepada pemimpin Kim Jong-Un), dan membawa kekhawatiran akan keamanan di Korsel," kata pejabat. Korut kini memacu sentimen nasionalis yang lebih kuat menjelang kongres partai yang berkuasa, Partai Pekerja, yang akan digelar pada 6 Mei. Ini merupakan kongres pertama dalam 36 tahun.
Hal yang dikhawatirkan oleh Seoul dan Washington ialah kemungkinan bahwa Pyongyang akan melakukan uji coba nuklir terbaru, atau yang kelima, menjelang kongres partai berkuasa itu. Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat tinggi sejak uji coba nuklir terakhir Korut pada 6 Januari lalu. Uji coba diikuti serangkaian penembakan rudal balistik jarak pendek dan menengah.
Pyongyang telah beberapa kali mengeluarkan ancaman untuk melakukan serangan langsung ke Gedung Biru, yang menjadi kantor dan tempat tinggal resmi Presiden Korsel Park Geun-Hye. Awal April, sebuah situs resmi Korut merilis video propaganda yang menggambarkan serangan roket di Gedung Biru dan bangunan pemerintah lainnya di Seoul.
Sumber : http://internasional.kompas.com/read/2016/04/27/17544701/Korut.Bangun.Replika.Kantor.dan.Kediaman.Presiden.Korsel.untuk.Ditembaki.Artileri
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak