Melaju Hingga 40 Knot, Kapal Tank Pindad Diklaim yang Tercepat - Radar Militer

16 Mei 2016

Melaju Hingga 40 Knot, Kapal Tank Pindad Diklaim yang Tercepat

Kapal Tank Pindad
Kapal Tank Pindad 
Indonesia patut bangga dengan perkembangan industri pertahanannya. PT Pindad (Persero) bersama PT Lundin Industry Invest tengah mengembangkan kapal perang layaknya tank di laut. Kapal yang disebut Tank Boat ini diklaim bisa melesat dengan cepat.
Direktur PT Pindad Silmy Karim mengungkapkan, kapal tank ini akan menyita perhatian di dunia alat pertahanan negara-negara di dunia.
"Memang ada beberapa negara punya boat yang ada cannonnya (meriam), tapi yang kami kembangkan ini jenis catamaran (double hull), jadi kecepatan bisa sampai 40 knot, yang lain tidak bisa secepat itu," kata Silmy saat berbincang, Sabtu (14/5/2016).
Sebenarnya, saat ini Swedia sudah memiliki Swedish Combat Boat 90 H dan Finlandia juga sudah mengembangkan kendaraan tempur laut yang dinamakan Patria NEMO 120mm mortar boat. Hanya saja semua itu memiliki single hull atau seperti boat biasa.
Tank boat buatan RI ini akan dilengkapi dengan cannon kaliber 105 mm. Besaran amunisi ini dinilai Silmy lebih cocok dan fleksibel dengan tipe tank kapal itu.
Silmy menambahkan, tank boat itu tengah dalam persiapan pembuatan prototype. Setelah selesai, nanti baru akan dibuat maket dan akan dikenalkan ke masyarakat.
"Rencana kita akan kenalkan saat Indo Defence besok November," paparnya.
Dalam pengembangannya, Pindad akan menggandeng PT Lundin yang merupakan perushaan spesialis pembuatan kapal-kapal tempur kelas medium. Nantinya Pindad akan mengerjakan kanon dan teknologinya, sementara Lundin akan membangun hull nya.

Pindad Bakal Produksi Kapal Tank Canggih

PT Pindad (Persero) tengah memproduksi kapal tank canggih. Kapal tempur ini diklaim beda dari yang lain. Kini BUMN tersebut tengah membuat prototipe.
Direktur Utama Pindad Silmy Karim mengungkapkan tank kapal tersebut saat ini tengah dalam persiapan pembuatan prototype. Setelah selesai, kemudian akan dibuat maket dan akan dikenalkan ke masyarakat.
Silmy mengungkapkan, ini akan menjadi tank kapal pertama di dunia mengingat memiliki tipe dan bentuk yang berbeda. Ditambahkan Silmy, sebenarnya ada beberapa negara yang memiliki kendaraan yang hampir mirip√Ę, namun jenisnya berbeda.
Tank boat buatan Pindad ini berbeda dari kapal perang kecil milik beberapa negara karena memiliki hull ganda atau lebih disebut sebagai catamaran.
"Tank boat itu cuma Indonesia yang buat, jadi tidak pakai kiblat kita niru mana," tegas Silmy.
Tank Kapal ini nantinya akan dilengkapi dengan canon kaliber 105 mm. Dengan model dan fungsi yang dirancang, cannon √Ęsebesar itu sudah pas untuk diajak berakselerasi dan mampu menghancurkan kapal musuh.
Dalam pengembangannya, Pindad akan menggandeng PT Lundin yang merupakan perusahaan spesialis pembuat kapal-kapal tempur kelas medium.Nantinya Pindad akan mengerjakan cannon dan teknologinya, sementara Lundin akan membangun hull-nya.
Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2506729/melaju-hingga-40-knot-kapal-tank-pindad-diklaim-yang-tercepat

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb