Angkatan Udara Vietnam Bisa Jadi Pelanggan Pertama Pesawat C295 AEW&C - Radar Militer

08 Juni 2016

Angkatan Udara Vietnam Bisa Jadi Pelanggan Pertama Pesawat C295 AEW&C

Pesawat C295 AEW&C
Pesawat C295 AEW&C

Vietnam akan membeli dua pesawat Airbus C295 AEW&C, menurut sumber Media Vietnam. Pengadaan tersebut dilakukan sebagai upaya negara itu untuk mengontrol wilayah Laut Cina Timur, di mana konfrontasi dengan militer Tiongkok sering terjadi.
Selain itu, platform baru tersebut akan meningkatkan kemampuan koordinasi dengan banyak sistem senjata modern yang telah diperoleh Vietnam selama tahun-tahun terakhir.
Menurut sumber yang sama, Airbus dan ELTA akan membantu negara tersebut dalam mengintegrasikan platform baru dengan kekuatan Angkatan Bersenjata Vietnam lainnya, termasuk peralatan perang buatan Rusia. Jumlah platform yang akan dibeli mungkin bisa lebih dari dua, karena dua unit mungkin tidak mencukupi untuk kebutuhan operasional.
Sensor utama dari C295 AEW&C adalah radar Active Electronically Scanned Array (AESA) Generasi Ke-Empat buatan IAI/ELTA Israel yang dilengkapi dengan dengan IFF terintegrasi. Penggunaan radar ini menyusul perjanjian yang ditandatangani oleh Airbus Defence and Space dan IAI/ELTA pada bulan Juni 2011 di Le Bourget Airshow. C295 AEW&C dirancang untuk memberikan pengawasan 360ยบ yang berkualitas tinggi, menciptakan secara real-time sebuah Air and Maritime Situation Picture and Electronic Order of Battle yang terintegrasi. AEW&C Situation Picture dapat dibagi bersama dengan pasukan kawan melalui data link Network Centric. Sebuah C295 yang telah dilengkapi dengan demonstrator rotodome sedang melakukan uji coba penerbangan dari fasilitas Airbus Defence and Space di Seville sejak 8 Juni 2011.
Sumber : http://airrecognition.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb