Kementerian Pertahanan Israel Perkenalkan APC Baru Eitan 8x8 - Radar Militer

03 Agustus 2016

Kementerian Pertahanan Israel Perkenalkan APC Baru Eitan 8x8

APC Baru Eitan 8x8
APC Baru Eitan 8x8
Pada tanggal 1 Agustus 2016, Kementerian Pertahanan Israel meluncurkan armoured personnel carrier (APC) 8x8 baru yang diberi nama Eitan. Menurut Kementerian Pertahanan Israel, kendaraan itu akan menggantikan kendaraan lapis baja pengangkut personel beroda rantai M113 lama yang sudah dalam kedinasan angkatan darat Israel sejak bertahun-tahun lalu.
Kendaraan Eitan baru memiliki berat antara 30.000 hingga 35.000 kg dan dapat membawa total 12 personil militer termasuk komandan, pengemudi dan juru tembak. Kendaraan itu akan dilengkapi dengan active protection system (APS) generasi baru yang didasarkan pada Trophy Active Protection System yang dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Israel Rafael untuk menangkal ancaman RPG dan rudal anti-tank modern.
Brigadir Jenderal Baruch Matzliah, Kepala Tank Production Office Kmenterian Pertahanan Israel, mengatakan "Eitan dikembangkan dari pengalaman pasukan Israel selama konflik Israel-Gaza 2014 dan Operation Protective Edge". "Kendaraan baru ini akan bergabung dengan armada armoured personnel carrier beroda rantai Namer. Kendaraan ini akan menjadi salah satu kendaraan tempur beroda ban yang paling canggih dan terlindungi.", tambahnya.
Kementerian Pertahanan Israel mengatakan bahwa Tank Production Office dan komando Angkatan Darat Israel baru saja memulai uji lapangan untuk mengontrol kinerja kendaraan tersebut dalam berbagai kondisi.
Eitan ditenagai dengan mesin 750 tenaga kuda dan akan mampu mencapai kecepatan dijalan 90 km/jam. kendaraan itu akan dilengkapi dengan turret tak berawak yang dipersenjatai dengan meriam otomatis 30 atau 40 mm.
Sebagaimana banyak angkatan darat lain di dunia, IDF (Israel Defense Forces) harus membuat pilihan untuk menggunakan kendaraan lapis baja beroda ban yang menawarkan mobilitas lebih tinggi namun dengan ground pressure yang jauh lebih tinggi dari kendaraann lapis baja beroda rantai. Kendaraan tempur beroda ban modern juga dapat memberikan tingkat daya tembak yang sama dengan tank tempur utama, misalnya seperti Centauro Italia yang dapat dipersenjatai dengan meriam 120mm.
Sumber : http://armyrecognition.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb