PBB Wacanakan Sanksi Larangan Ekspor Batu Bara Korut Terkait Uji Coba Nuklir - Radar Militer

29 November 2016

PBB Wacanakan Sanksi Larangan Ekspor Batu Bara Korut Terkait Uji Coba Nuklir

Sanksi Larangan Ekspor Batu Bara Korut
Sanksi Larangan Ekspor Batu Bara Korut 

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bansa (PBB) selama berbulan-bulan tengah mempersiapkan wacana sanksi yang lebih tegas terhadap uji coba nuklir Korut (Korea Utara). Wacana ini guna mengantisipasi rencana uji coba nuklir kelima yang akan dilakukan Korut.
Pejabat Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa wacana sanksi tegas tersebut merupakan langkah maju yang signifikan berkaitan dengan upaya pencegahan uji coba nuklir berikutnya. AS beserta negara anggota PBB lainnya yang memegang hak veto seperti Rusia, China, Inggris, dan Prancis telah berdiskusi perihal sanksi korut dalam merespons uji coba nuklir pada 9 September.
Diwartakan oleh The Guardian, Selasa, (29/11/2016) perwakilan PBB mengatakan para negara anggota diperkirakan akan melakukan pengambilan suara pada Rabu 30 November 2016 pagi guna mencapai kesepakatan bersama, sehubungan dengan diterapkannya sanksi tegas bagi Korut, yakni larangan ekspor Batu Bara.
Sanksi tersebut dianggap akan langsung memukul sektor mata pencarian negara yang dipimpin Kim Jong un tersebut. Berdasarkan keterangan diplomat PBB, sanksi ini direncanakan akan memotong sekira 62% atau setara Rp54,13 Triliun dan 75 Ribu kilogram batubara.
Mengacu dari perdagangan global, China melakukan impor Batu Bara dari Korea Utara nyaris sebesar Rp13,5 Triliun pada 2016. Diplomat PBB, menambahkan sanksi baru tersebut, terdapat pengecualian yaitu dengan tetap mengizinkan impor bagi China. Hal ini dimaksudkan sebatas untuk melindungi mata pencarian warga Korut dan kebutuhan bisnis perusahaan di China.
Selain itu, sanksi ini juga melarang ekspor dari sektor logam dan sanksi terhadap 11 pejabat pemerintahan, termasuk 10 negara entitas yang terkait dengan program senjata nuklir.
Korea Utara membanggakan teknologi nuklir mereka dan tetap melakukan uji coba nuklir dengan mengabaikan sanksi internasional serta tekanan diplomatik. Korut dikenal gigih dalam upaya uji coba nuklir dan rudal. Hal ini menjadi salah satu masalah kebijakan luar negeri yang paling sulit ditangani bagi Pemerintah Amerika Serikat. Diplomasi dengan Korut sejauh ini selalu berakhir gagal. Negosiasi terakhir dilakukan oleh 6 negara pada 2008 dan berakhir gagal di awal 2009. (rav)
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/11/29/18/1553913/pbb-wacanakan-sanksi-larangan-ekspor-batu-bara-korut-terkait-uji-coba-nuklir

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb