Lima Alutsista Andalan Royal Australian Army (RAA) - Radar Militer

14 November 2017

Lima Alutsista Andalan Royal Australian Army (RAA)

Australia adalah salah satu negara dengan militer terkuat di belahan Bumi Selatan. Walaupun letaknya terpisah nun jauh sendirian, Australia membangun kekuatan militernya untuk melindungi diri dari ancaman yang kemungkinan besar datang dari Utara.
Untuk alutsista darat, Australia selalu mencari kendaraan militer yang sesuai untuk segala kondisi, karena lengkapnya kontur medan Australia. Ada padang gurun, hutan rimba, kolam lumpur, dan tentu saja perkotaan. Berikut adalah daftar alutsista darat yang dipergunakan oleh AD Australia.
1. M1A1AS
Untuk tank tempur utama, AD Australia mengandalkan M1A1AS, varian dari tank Abrams buatan Amerika Serikat. M1A1AS dibeli sebagai pengganti tank Leopard 1. Dipergunakan oleh 1st Armoured Regiment, M1A1AS menyediakan daya gebuk lapis baja yang dibutuhkan dan sesuai untuk medan Australia yang datar dan luas.
M1A1AS
M1A1AS 
M1A1AS dilengkapi kanon 120mm M256 yang mampu menembakkan beragam amunisi berdaya ledak tinggi maupun penembus lapisan baja. M1A1AS sendiri juga ditingkatkan kemampuannya dengan pembelian paket TUSK (Tank Urban Survivability Kit) untuk melindungi dari roket ataupun rudal anti tank.
2. M113AS4
Australia menggunakan kendaraan angkut pasukan roda rantai M113A1 yang dibeli sejak era Vietnam. 400 unit dari M113A1 tersebut diubah menjadi standar M113AS4 yang dikhususkan sesuai spesifikasi dan keinginan militer Australia. M113AS4 kemudian dipasangi mesin baru, transmisi otomatis ZF, sistem pendingin mesin, suspensi, pengemudian, dan pengereman baru.
M113AS4
M113AS4 

Untuk sistem senjata, 200 unit M113AS4 dilengkapi dengan sistem kubah baru buatan BAe yang terdiri dari sepucuk senapan mesin 12,7mm atau 7,62mm. Sebagian M113AS4 juga menerima pelat balistik tambahan. M113AS4 akan digunakan sampai 2020 ke atas.
3. ASLAV
ASLAV atauAustralian Light Armoured Vehicle adalah varian dari kendaraan intai taktis dan tempur Mowag Piranha buatan Kanada. Dibeli setelah Marinir AS mengadopsi LAV-25, ASLAV berbagi desain yang serupa. Kendaraan roda ban 8x8 ini disukai karena bentuknya yang kompak, mudah dirawat, dan punya daya gebuk besar dengan kanon Bushmaster 25mm. ASLAV sudah pernah diterjunkan di Timor-timor bersama Resimen Kavaleri AD Australia.
ASLAV
ASLAV 

4. Bushmaster
Untuk sarana angkut pasukan yang aman dan terlindung dari ranjau, AD Australia mempercayakannya pada kendaraan MRAP anti ranjau Bushmaster buatan Thales Australia. Bushmaster mengambil desain dari truk besar dengan penggerak 4x4 yang didesain oleh Timoney Irlandia. Kendaraan ini mampu menahan ledakan dua ranjau anti tank TM-57, mampu mengangkut 10 orang bersenjata lengkap untuk patroli selama tiga hari penuh.
Bushmaster
Bushmaster 

Bushmaster sendiri sudah mendapat cap kesuksesan di Timor-timur dan Afghanistan ketika digunakan pasukan khusus Australia, termasuk untuk melindungi Xanana Gusmao setelah kemerdekaan Timor-timur. Indonesia membeli Bushmaster untuk kebutuhan Kopassus TNI AD dan akan diproduksi dengan lisensi oleh Pindad dengan nama Sanca.
5. Thales Hawkei
Thales Hawkei adalah platform kendaraan serba guna 4x4 buatan Thales Australia. Bersosok kecil tetapi proteksi maksimal, Hawkei dipesan untuk menggantikan kendaraan Land Rover Perentie yang sudah tua. Dengan bobot 7 ton, Hawkei memiliki spek anti ranjau dan dapat dipasangi dengan beragam sistem senjata pelindung. Australia tercatat membeli 1.100 Hawkei dalam proyek Land 121 Phase 4. (Aryo Nugroho)
Thales Hawkei
Thales Hawkei 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb