DISLAIKAD, Uji Kelaikan Pistol G2 Elite TNI AD Buatan PT Pindad - Radar Militer

25 Maret 2019

DISLAIKAD, Uji Kelaikan Pistol G2 Elite TNI AD Buatan PT Pindad


Kasubdislaik Dislaikad Kolonel Arm Wiwin Sugiono didampingi 3 Tim Uji yang dipimpin oleh Kabaglaikmatpal Subdislaik, Letkol Cpl Sulaeman Sabana melaksanakan kegiatan uji kelaikan Pistol G2 Elite Pengadaan TNI AD TA 2018 sebagai bagian dari tujuh langkah kelaikan militer TNI AD di Ruang KIA PT. Pindad, Bandung (Jum’at, 8/3/2019).
Pistol G2 Elite
Pistol G2 Elite 
Uji kelaikan ini kelanjutan dari pelaksanaan uji fungsi yang dilaksanakan sebelumnya di tempat yang sama di PT. Pindad Bandung pada bulan Oktober lalu. Pengadaan pistol G2 Elite merupakan pengadaan ulang terhadap materiil Infanteri yang dilakukan oleh TNI AD, selain Pistol G2 Combat yang saat ini juga dimiliki oleh satuan jajaran TNI AD, hasil produksi dari PT.Pindad
G2 Elite Pindad dikembangkan bagi para penembak jitu yang dimiliki satuan jajaran TNI AD. Keakuratan dari pistol berkinerja tinggi ini didapat dari toleransi yang sangat ketat pada saat produksi serta panjang laras yang sesuai (jarak alat bidik).
Pengoperasian senjata genggam secara Recoil memberikan nilai tambah dari senjata G2 Elite yang kunci mekanisnya diadopsi PT.Pindad.
Keistimewaan senjata ini, alat bidik belakang mudah disesuaikan, dan alat pengukur kecepatan angin serta ketinggian tersedia sebagai pelengkap alat bidik standar.
Kegiatan uji kelaikan diawali pada pukul 09.00 Wib hingga 11.30 Wib, yang meliputi kunjungan fasilitas produksi, untuk mendalami production line, tools (mesin), kalibrasi sertifikat, tanda-tanda dan alkap keselamatan, SOP keselamatan dan kerja, fasilitas uji (Quality Control dan lain-lain).
Diikuti dengan mengecek kesiapan fisik (confirmity) yaitu design rancang bangun dihadapkan dengan hasil produksi dan test performance.
Kemudian verifikasi dokumen yang meliputi approval sertificate/ sertifikat uji coba, dokumen produksi (product engineering document), dokumen pabrikan (pabrican document), dokumen panduan senjata, pemeliharaan dan katalog.
Kegiatan uji diakhiri dengan farewell, pemeriksaan dokumen kelaikan dan penyerahan cendera mata. Pelaksanaan kegiatan kelaikan Tim Uji Dislaikad ini diterima langsung oleh Divisi Senjata PT. Pindad Bandung.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb