Garda Udara Nasional New York Dilengkapi Pesawat HC-130J Combat King II

KangUsHa 04:00
Loading...

Wing Pertolongan (RQW) 106 Garda Udara Nasional New York telah dilengkapi dengan satu unit pesawat HC-130 Combat King II. Pesawat diserahkan oleh pihak pabrikan Lockheed Martin dan diumumkan pada 21 Maret lalu.
HC-130J
HC-130J 
Ini merupakan pesawat pertama yang diserahkan dari empat unit yang dipesan 106th RQW.
Selanjutnya, pesawat akan digunakan oleh Skadron Pertolongan 102 di Francis S. Grabreski Air National Guard Base yang merupakan bagian dari RQW 106. Sebelumnya, skadron ini mengoperasikan HC-130P/N Combat King I.
Secara spesifik Combat King II merupakan pesawat dukungan operasi SAR Tempur (Combat SAR) multiperan.
Pesawat selain digunakan untuk melakukan pencarian dan pertolongan, juga berfungsi sebagai tanker untuk pengisian bahan bakar di udara bagi helikopter CSAR (HH-60G Pave Hawk), pengiriman personel pararescue, pengiriman paket-paket kecil, perahu penyelamat, kendaraan roda empat segala medan, dan sebagainya.
HC-130J merupakan varian dari C-130J Super Hercules. Pesawat yang didesain khusus ini mulai digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) pada 2010. USAF memesan 11 Combat King II pada pertengahan 2008.
Secara keseluruhan, Amerika Serikat menjadi pengguna terbanyak pesawat C-130J Super Hercules yang kini telah diproduksi lebih dari 400 unit.
Super Hercules digunakan oleh beragam satuan seperti Komando Mobilitas Udara, Komando Operasi Khusus Angkatan Udara, Komando Tempur Udara, Garda Pantai AS, Korps Marinir, Garda Udara Nasional, dan lainnya.
Adapun RQW 106, dengan motto ‘That Others May Live’ tidak hanya melayani misi pencarian dan pertolongan di New York saja. Melainkan, dapat melaksanakan tugasnya hingga ke seluruh pelosok sesuai perintah. (Roni Sontani)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon