Kapal Selam Nagapasa Class Rakitan PT PAL akan Diluncurkan

KangUsHa 14:00
Loading...

Setelah melewati beberapa kali penundaan, unit ketiga dari kapal selam Nagapasa Class yang disebut dengan identitas KRI Alugoro-405, kabar terakhir diwartakan bahwa kapal selam Type 209/1400 tersebut akan diluncurkan secara resmi pada 12 April mendatang. Molornya jadwal peluncuran dikarenakan adanya pendangkalan berat pada area dermaga utama PT PAL di Surabaya.
Nagapasa Class
Nagapasa Class 
Merespon kondisi tersebut, para teknisi dari PT PAL tengah melakukan koordinasi untuk memindahkan lokasi peluncuran kapal selam ke dok Semarang. Pemindahan kapal selam ke dock Semarang ini disebut-sebut penuh risiko, sehingga diperlukan perhitungan yang cermat agar kapal selam tidak mengalami kerusakan saat dipindahkan.
Dikutip dari Janes.com (29/3), disebutkan PT PAL telah berhasil memindahkan kapal selam ke posisi peluncuran alternatif. Pemindahan kapal selam dengan bobot 1.400 ton dilakukan dengan tongkang sepanjang 300 kaki (91 meter), dan bila semua proses lancar maka kapal selam akan diluncurkan dalam sebuah acara seremoni pada 12 April 2019. Pasca diluncurkan, nantinya KRI Alugoro-405 akan memasuki tahap sea trial, sebelum secara final diserahkan kepada pihak Kementerian Pertahanan dan TNI AL.
KRI Alugoro-405 punya panjang 61,3 meter dan lebar 7,6 meter. Dengan awak 41 orang, kapal selam disesel listrik yang dirakit oleh PT PAL ini sanggup melaju 10 knot saat melaju di permukaan, dan 21 knot saat di bawah permukaan air. (Bayu Pamungkas)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak