Pelatihan Perwira TNI, Kerjasama Pertahanan RI - Swedia

KangUsHa 11:00
Loading...

"Kami sangat bangga bahwa para perwira TNI dari ketiga matra (AU, AD dan AL) mendapat pendidikan dan kursus mengenai sistem radar, teknologi dan inovasi", kata Dubes RI untuk Swedia Bagas Hapsoro dalam pertemuannya dengan KSAU Yuyu Sutisna, Kamis pagi di Lanud Halim Perdana Kusuma (27 Maret 2019).
Kerjasama Pertahanan RI - Swedia
Kerjasama Pertahanan RI - Swedia 
Bagas juga menambahkan bahwa kursus dan pelatihan 20 perwira TNI tersebut dilakukan dengan sukses dari tanggal 6-23 Maret 2019 di 4 (empat) kota Swedia, yaitu: Gothenburg, Karlskoga, Linköping dan Stockholm.
Dalam tanggapannya KSAU Yuyu Sutisna menyatakan bahwa "Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mengambil manfaat sebesar-besarnya dalam menguasai teknologi radar, kerjasama di bidang ilmu pengetahuan, sistem alutsista yang terpadu dan mudah dijalankan".
Tidak kurang pentingnya menurut Yuyu Sutisna adalah kerjasama dalam membuat suatu produksi yang memberikan alih teknologi, produksi gabungan khususnya untuk industri strategis dan jaminan kualitas. "Swedia termasuk beberapa negara yang memiliki teknologi dan kapasitas yang diandalkan untuk bidang ini, " tambah Yuyu Sutisna di Ruang Suma 1, VVIP Landud Halim PK.
Menurut keterangan resmi KBRI materi yang diajarkan dalam kursus antara lain adalah "Triple helix, innovation & technologies", ground based radar dan platform AEW&C". Bagas menjelaskan bahwa saat ini kerjasama kedua negara telah memiliki payung hukum yang kuat yaitu Memorandum of Understanding antara Menhan Ryamizard Ryacudu dan mitranya dari Swedia Menhan Peter Hultqvist. Dokumen ini ditandatangani Desember 2016 yang lalu.
"Kalau basis dari kerjasama Indonesia dan Swedia adalah MoU, maka sudah tiba saatnya untuk saling kunjung", kata Dubes Bagas Hapsoro. Diperoleh keterangan dari Stockholm bahwa pemerintah Swedia sangat mengharapkan ada kunjungan untuk menerima team TNI-AU untuk mengunjungi fasilitas dan pusat-pusat pendidikan dan pelatihan. KSAU Yuyu Sutisna menyatakan penghargaannya kepada KBRI Stockholm atas informasi ini dan segera akan mengatur rencana saling kunjung di tingkat perwira tinggi ini. (KBRI Stockholm).
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak