Sembilan Pesawat Baru akan Lengkapi Lanud Abdulrachman Saleh Tahun ini

KangUsHa 15:00
Loading...
Cassa 212
Cassa 212 

Lanud Abdulrachman Saleh berencana mendatangkan pesawat baru tahun ini. Dua jenis pesawat yang bakal dimiliki menambah kekuatan alutsista Abdulrachman Saleh. Yakni, pesawat Cassa 212 dan pesawat Amphibi.
Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsekal Pertama (Marsma) Hesly Paat mengatakan penambahan alutsista sebanyak 9 unit ini rencananya bakal diwujudkan pada tahun ini.
Empat unit untuk pesawat Cassa dan lima unit pesawat Amphibi. Jenis pesawat yang didatangkan akan menambah kekuatan di Skuadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang.
"Kita tengah menyiapkan sarana dan prasarananya. Fasilitas itu disiapkan di Skuadron Udara 4, dimana akan menerima penambahan pesawat baru, yakni Cassa 212 dan pesawat Amphibi," ungkap Hesly kepada detikcom, Senin (4/3/2019).
Hesly mengaku, Skuadron Udara 4 telah memiliki 12 pesawat jenis Cassa 212. Tentunya, kedatangan baru pesawat baru menambah koleksi alutsista di skuadron tersebut.
"Sudah ada 12 unit, nanti ditambah 4. Ya totalnya 16 pesawat Cassa," ujar Alumni AAU 1989 ini.
Diungkapkan, selain Cassa penambahan alutsista juga diperuntukkan pada jenis Amphibi. Dulunya, kata Hesly, pesawat jenis yang sama pernah ada, yakni di tahun 70-an.
"Jika dulu Albatros di tahun 70-an, sekarang dengan jenis yang sama rencananya akan dimiliki Abdulrachman Saleh, yaitu pesawat Amphibi," beber Hesly.
Menurut dia, kedua pesawat itu memiliki kemampuan handal dalam membantu operasi TNI AU. "Amphibi akan bisa mendukung kekuatan TNI AU di darat maupun di laut," ungkap Hesly.
Dalam kesempatan itu, Hesly juga menuturkan rencananya pendirian Skuadron Udara 33 yang dikhususkan untuk pesawat angkut Hercules di Makassar.
"Jika sekarang hanya dua skuadron saja, yakni 31 di Jakarta, 32 di sini (Abdulrachman Saleh) dan nantinya 33 di Makassar. Penambahan skadron ini, memungkinkan akan menambah kebutuhan pesawat Hercules," tandasnya.(fat/iwd)
Sumber : detik.com
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak