Singapura akan Beli 4 Jet Tempur F-35 dengan Opsi Tambahan 8

KangUsHa 08:00
Loading...
F-35 Singapura
F-35 Singapura 

Singapura akan melakukan pemesanan awal untuk empat jet tempur F-35 untuk kegiatan pengujian menyeluruh dengan opsi delapan unit untuk berikutnya, Menteri Pertahanan Ng Eng Hen mengumumkan dalam pidato debat Committee of Supply Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF), Jumat (1 Maret).
Dr Ng mengatakan MINDEF akan mengeluarkan Letter of Request (LOR) ke Amerika Serikat terkait pembelian tersebut.
"LOR kami akan mengajukan akuisisi awal sebanyak empat F-35, dengan opsi delapan unit berikutnya jika kami memutuskan untuk melanjutkan (pembelian)," katanya. "Sebagaimana disyaratkan oleh hukum AS untuk foreign military sales, penjualan F-35 itu harus melalui persetujuan Kongres AS."
Harga satuan pasti dari jet-jet itu belum difinalisasi, meskipun Dr Ng mengatakan total biaya kepemilikan armada F-35, termasuk perawatan sepanjang umurnya, akan setara dengan program F-15SG.
"Penilaian Defence Science and Technology Agency (DSTA) adalah bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengajukan permintaan Singapura," kata Dr Ng, mencatat bahwa harga F-35 telah terus menurun karena pesanan yang banyak dari AS dan 10 negara lainnya.
"Harga unit F-35 saat ini berkisar dari US $ 90 juta (S $ 122 juta) hingga US $ 115 juta per pesawat, setara dengan apa yang telah kami bayar untuk F-15SG kami."
Menurut pembuat Lockheed Martin, F-35B - varian short take-off/vertical landing yang dikabarkan diminati oleh Singapura - akan berharga US $ 115,5 juta.
Ahli perang dan strategi perang S Rajaratnam School of International Studies, Bernard Loo menulis dalam komentarnya pada 2009 bahwa kontrak awal untuk 12 F-15SG berharga US $ 1 miliar, meskipun ini kemungkinan merupakan paket kesepakatan termasuk pelatihan, avionik dan sistem tempur lainnya.
"Meskipun demikian, MINDEF akan terus bekerja dengan Departemen Pertahanan AS untuk mengoptimalkan biaya operasi dan pemeliharaan," tambah Dr Ng.
Pada bulan Januari, MINDEF mengatakan telah mengidentifikasi F-35 sebagai "pengganti paling cocok" untuk F-16 yang telah menua, setelah evaluasi teknis yang berlangsung lebih dari lima tahun.
Dr Ng telah mengatakan dalam sebuah posting Facebook menyatakan bahwa MINDEF akan membahas rincian dengan pihak-pihak terkait di AS untuk "memajukan proses", sebuah fase yang mungkin memakan waktu sembilan hingga 12 bulan. Rincian yang akan dibahas termasuk harga, varian, dan logistik.
Menteri pertahanan mengatakan Singapura memiliki dukungan baik dari pemerintah dan Departemen Pertahanan AS untuk usulan pembelian F-35, yang menonjolkan kemampuan stealth, networking, dan penginderaan terbaru.
"Presiden Trump telah menulis kepada PM Lee pada bulan lalu, yang menyambut baik rencana Singapura untuk membeli F-35," tambahnya.
"Selama pertemuan saya dengan Pejabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan di Munich Security Conference dua minggu lalu, dia juga mengatakan bahwa AS sangat menghargai keputusan Singapura." (Aqil Haziq Mahmud) (Angga Saja - TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak