Bela Pembelian S-400 Rusia, Erdogan: AS Gagal Tawarkan Patriot

KangUsHa 18:00
Loading...

Presiden Tayyip Erdogan mengatakan Turki terus melakukan pembayaran berdasarkan kesepakatannya dengan Rusia dalam pembelian sistem pertahanan rudal S-400. Menurutnya, Amerika Serikat (AS) telah gagal menawarkan sistem rudal Patriot dengan syarat diminta Ankara.Erdogan mengatakan penawaran sistem rudal Patriot oleh Washington tak sebanding dengan penawaran sistem rudal S-400 Moskow. Hal itu membuat pemimpin Turki itu menyimpulkan bahwa AS gagal membuat penawaran senjata pertahanan untuk Turki.
 S-400 Rusia
 S-400 Rusia 
"S-400 memegang tempat penting dalam pembicaraan kami. Argumen Amerika Serikat sangat salah. Kami menyelesaikan proses (pembelian) S-400 dan pembayaran kami berlanjut," kata Erdogan kepada wartawan di Istanbul hari Jumat ketika ditanya tentang rencana pembicaraannya di Moskow minggu depan.
Wakil Presiden AS Mike Pence sebelumnya mengancam bahwa NATO dan Turki dapat berpisah karena ketidaksepakatan mengenai pembelian sistem pertahanan rudal Rusia oleh Ankara. Masalah ini telah mengakibatkan AS membekukan pasokan jet tempur siluman F-35 ke Turki.
"Kami menawarkan AS untuk menjual Patriot mereka, tetapi mereka gagal memberi kami penawaran yang tepat. Jadi sekarang kesepakatan S-400 mulai hidup dan kami menunggu pasokannya pada Juli," ujar Erdogan, seperti dikutip Sputnik, Sabtu (6/4/2019).
AS saat ini sedang mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Turki karena nekat membeli senjata Moskow. Sanksi itu merupakan kebijakan sepihak AS berdasarkan undang-undangnya, Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA).
Pada saat yang sama, Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo mengomentari upaya Washington untuk memaksa Ankara meninggalkan perjanjian pembelian S-400 dengan Rusia. Pompeo mengklaim AS "membuat kemajuan" dalam hal itu.(Muhaimin)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak