Belum Mampu Akusisi F-35, Rumania Pilih Beli F-16 Bekas Pakai AU Portugal

KangUsHa 13:00
Loading...

Pemerintah Rumania berencana membeli lima unit jet tempur F-16 dari Portugal. Pesawat dibeli untuk menambah armada Fighting Falcon di skadron tempurnya sehingga jumlahnya menjadi 17 unit.
F-16 Rumania
F-16 Rumania 
Sebelumnya pada 2013 Rumania telah membeli 12 F-16A/B Block 15 MLU (9 F-16AM dan 3 F-16BM) senilai 628 juta dolar AS juga dari Portugal. Pesawat bekas pakai Angkatan Udara Portugal (FAR) yang diperbarui di Amerika Serikat ini mulai diterima Rumania pada 2016.
Menteri Pertahanan Rumania Gabriel Les dalam keterangan yang dikutip media menyatakan, rencana pembelian lima F-16 dari Portugal akan diselesaikan prosedurnya tahun ini. Sebelum diserahkan, pesawat akan dimodernisasi terlebih dahulu.
Menjawab pertanyaan media mengapa Rumania tidak membeli F-35 yang ditawarkan oleh Amerika Serikat, Les menjawab karena biayanya terlalu mahal.
“Untuk saat ini hal (biaya yang dibutuhkan) terlalu mahal,” ujarnya.
Ke depan, Rumania masih berencana untuk menambah 36 F-16 dari AS atau dari negara-negara sahabat. Pesawat akan digunakan untuk menggantikan peran MiG-21 Lancer.
Baru setelah hal itu terpenuhi, lanjut Les, Rumania akan melangkah untuk membeli jet tempur generasi kelima guna menggantikan F-16. (Roni Sontani)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak