Bukan Hanya 1 Skadron, Tapi 2 Skadron F 16 Viper Dipersiapkan Oleh TNI AU

KangUsHa 05:00
Loading...

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya memasuki Rencana Minimum Essential Force (MEF) III tahun 2019-2024 salah satu program prioritas TNI AU adalah mengganti pesawat tempur lawas BAe Hawk 200 yang pada tahun 2025 nanti akan genap berusia 30 tahun. Seperti diberitakan oleh Angkasa Review (11/4/2019) menurut rencana satu Skadron BAe Hawk 200 akan digantikan oleh F 16 Viper alias F 16 Block 72.
F 16 Viper
F 16 Viper 
Menurut KSAU Marsekal Yuyu Sutisna “ langkah pertama kami untuk menggantik Hawk 200 adalah mengumpulkan pesawat ini ke dalam satu skadron yaitu Skadron 12 di Pekanbaru, Nah Skadron 1 yang kosong inilah yang akan mendapat pesawat tempur baru”
Selain Skadron 1 yang berkedudukan di Kalimantan ternyata TNI AU sedang mempersiapkan satu skadron lagi sebagai operator F 16 Viper, Skadron ini adalah Skadron bentukan baru yang akan bermarkas di Lanud El Tari Kupang diharapkan Skadron ini akan memperkuat perbatasan selatan Indonesia terutama perbatasan Indonesia-Australia.
Sebagai Informasi F 16 Viper sendiri adalah pesawat tempur varian terbaru dari keluarga besar F 16 Fighting Falcon, Varian terbaru ini sudah mengadopsi radar AESA AN/APG 83, pemasangan digital flight control dan auto GCAS (Ground Collsion Avoidance System) yang memungkinkan pesawat menghindari tabrakan ketika akan mendarat. Pun begitu dengan jarak jelajah dipastikan akan terbang lebih jauh karena dilengkapi dengan Conformal Fuel Tank (CFT) yang terpasang di punggung serta dengan daya angkut senjata yang lebih banyak.
Sementara untuk persenjataan sudah barang tentu hampir semua rudal dan bom buatan AS bisa dibawa oleh alap-alap tempur ini sebut saja AIM 120 AMRAAM, AIM 9 Sidewinder, AGM 65 Maverick, AGM 88 HARM, AGM 84 Harpoon, GBU 10/12 Paveway dan masih banyak lainnya. Untuk memudahkan pilot juga bakal dilengkapi dengan helm canggih Joint Helmet Mounted Cueing System II (JHMCS II), yang mempermudah penguncian sasaran dan menembaknya dengan rudal Raytheon AIM-9X Sidewinder. (Putut Reza)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak