KAL Wayabula 1-14-12, Kapal Perang Baru Perkuat Lanal Morotai

KangUsHa 17:00
Loading...

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Morotai, kini memiliki sebuah kapal perang baru dari Mabes TNI-AL. Kapal yang dinamai Kapal Angkatan Laut (KAL) Wayabula 1-14-12 ini, tiba di Pelabuhan H.M.S Lastory Pulau Morotai, Kamis (11/4/2019).
KAL Wayabula 1-14-12
KAL Wayabula 1-14-12 
Danlanal Morotai, Letkol Laut (P) Kariady Bamgun didampingi Bupati Pulau Morotai, Benny Laos serta Forkompinda dan Personel Lanal Morotai, menyambut langsung kapal dengan panjang keseluruhan 29 meter dan lebar 5,85 meter ini ketika tiba di Pulau Morotai.
Bupati Pulau Morotai, Benny Laos mengucapkan selamat datang kepada seluruh ABK KAL Wayabula dan berterima kasih kepada Lanal Morotai yang telah mampu menjaga kedaulatan laut di wilayah Pulau Morotai, sehingga sejauh ini tetap aman dan kondusif.
"Hari ini adalah hari bahagia oleh masyarakat Morotai dengan telah didatangkannya KAL Wayabula beserta 15 ABK di Morotai, dimana ini merupakan salah satu wujud program pemerintah dalam membangun kekuatan dari pinggir," kata Benny dalam sambutanya.
Benny berharap dengan ditambahkannya alutista baru, sekiranya kedepan personel TNI-AL mampu lebih baik untuk menjaga kedaulatan dan keamanan laut di wilayah Pulau Morotai, serta menjaga Morotai dari Illegal Fishing, Illegal Oil ataupun kejahatan laut lainnya.
Danlanal Morotai, Letkol Laut (P) Kariady Bangun mengaku bahwa KAL Wayabula adalah kapal patroli keamanan terbatas di wilayah kerja perairan Lanal Morotai. Sebelumnya Lanal Morotai juga telah dapat dua unit kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) untuk memonitoring secara keseluruhan tindak kejahatan laut di wilayah Morotai.
"Diharapkan KAL Wayabula dengan segala kelebihan yang ada, mampu bekerja lebih maksimal memonitoring kerawanan di laut," tuturnya.
Perlu diketahui, KAL Wayabula 1-14-12 adalah kapal perang jenis KAL Kamla yang dibuat oleh Putra Bangsa PT Tesco Indo Maritime, kapal ini memiliki kecepatan maksimal 29 knot dengan kemampuan layar 3 hari. Selain itu terdapat pula 2 meriam yang terletak di Haluan dan Buritan.
Kapal yang dikomandoi oleh Kapten Laut (P) Junaidi beserta 13 ABK berdasarkan Sprin Kasal nomor Sprin/2509/XI/2018, akan digunakan Danlanal Morotai selaku pengguna dan pembina Operasi di wilayah kerja pangkalan TNI-AL Lanal Morotai. (Ajo)(Fizri Nurdin)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak