Kapal Induk AS Bawa 10 Jet Siluman F-35 ke Laut China Selatan

KangUsHa 12:00
Loading...

Kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Wasp, baru-baru ini terlihat berlayar melintasi Laut China Selatan. Kapal itu diketahui membawa sekitar sepuluh unit pesawat jet tempur siluman F-35B Lightning II.
USS Wasp
USS Wasp 
Laporan yang pertama kali dirilis The National Interest itu mencatat bahwa kapal induk USS Wasp diduga menguji coba konsep perang kapal induk yang juga dikenal sebagai "Lightning Carrier (Pengangkut Petir)" itu.
Angkatan Laut AS, dalam sebuah pernyataan, membenarkan pengiriman USS Wasp ke Laut China Selatan. "Kapal berpartisipasi dalam Exercise Balikatan 2019 di mana pasukan AS dan Filipina melakukan operasi amfibi, pelatihan tembakan langsung, operasi perkotaan, operasi penerbangan, dan respons kontraterorisme," bunyi pernyataan tersebut yang dikutip Business Insider, Selasa (2/4/2019).
Latihan tahunan itu mempersiapkan pasukan untuk potensi krisis di kawasan Indo-Pasifik. Latihan difokuskan pada keamanan maritim ketika kekhawatiran tumbuh karena China berusaha untuk mencapai dominasi atas perairan strategis.
Ini adalah pertama kalinya USS Wasp dan jet tempur F-35B Korps Marinir berpartisipasi dalam latihan Balikatan.
"Bersama-sama, kapal dan jet-jet tempurnya mewakili peningkatan kemampuan militer yang berkomitmen untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," lanjut pernyataan Angkatan Laut AS.
Militer AS selama ini konsisten dengan operasi kebebasan navigasi dan penerbangan pesawat pembom di Laut China Selatan, yang misi sebenarnya adalah untuk memeriksa China.
F-35B adalah varian pesawat Joint Strike Fighter untuk Korps Marinir AS. F-35B, yang dinyatakan siap tempur pada tahun 2015, dapat melakukan lepas landas pendek dan pendaratan vertikal serta cocok untuk beroperasi pada kapal serbu amfibi.
Selain 10 unit jet tempur siluman F-35, konfigurasi yang terlihat pada USS Wasp dilaporkan mencakup empat pesawat tilt-rotor MV-22 Osprey dan dua helikopter MH-60S Seahawk.
Menyebarkan dengan lebih banyak jet tempur siluman F-35 dari biasanya bisa menjadi langkah pertama menuju pengerahan "lightning carrier", suatu pendekatan yang secara teoritis dapat meningkatkan tidak hanya ukuran kekuatan kapal induk tetapi juga daya tembaknya.
Konsepnya bukan tanpa preseden. Selama invasi yang dipimpin AS ke Irak pada tahun 2003, kapal-kapal serbu amfibi berlayar dengan hingga 20 AV-8B Harriers. Konsep itu dinamakan "Harrier Carriers".
Konsep tersebut telah diganti namanya menjadi "Lightning Carriers", sebuah referensi untuk jet tempur generasi kelima yang akan dibawa oleh kapal induk ke dalam pertempuran.
The War Zone melaporkan bahwa kapal serbu amfibi kelas America, penerus kelas Wasp, dapat mengangkut antara 16 hingga 20 unit jet tempur F-35 dalam konfigurasi ligthning carrier.
Pada musim gugur yang lalu, F-35B AS diluncurkan dari kapal USS Essex kelas Wasp dan melakukan misi tempur platform generasi kelima dengan menyerang target militan di Timur Tengah.(Muhaimin)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak