Korea Selatan Terima Pesawat Tanker Airbus A330 MRTT Kedua - Radar Militer

01 April 2019

Korea Selatan Terima Pesawat Tanker Airbus A330 MRTT Kedua


Korea Selatan menerima pesawat kedua dari empat Airbus Defense and Space A330-200 MRTT (Multi Role Tanker Transport) yang dipesan pada 2015.
Penerimaan pesawat kedua ini diumumkan Kementerian Pertahanan Korea pada 28 Maret 2019.
Airbus A330 MRTT Korea Selatan
Airbus A330 MRTT Korea Selatan 
Pesawat ini diharapkan mulai dioperasikan Angkatan Udara Korea (RoKAF) dalam waktu satu bulan. Dua pesawat tersisa diharapkan akan dikirim pada bulan November dan Desember tahun ini.
AU Korea secara resmi memperkenalkan A330 pertamanya pada 30 Januari.
Kehadiran pesawat angkut-tanker yang dikenal sebagai KC-330 Cygnus di lingkungan AU Korea, akan memperluas jangkauan pesawat tempur Korea Selatan ke Korea Utara dan meningkatkan operasi strategis di luar Semenanjung Korea.
Korea Selatan memilih A330 MRTT pada 2015 dalam kesepakatan senilai 1,2 miliar dolar AS.
Sementara Boeing menawarkan platform KC-46A Pegasus sedangkan IAI (Israel Aerospace Industries) menyodorkan B767-300 MMTT (Multi Mission Tanker Transport).
Menurut Badan Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan, A330 MRTT mengalahkan pesaingnya karena dinilai memiliki banyak keunggulan.
Disebutkan di antaranya karena kinerja A330 MRTT yang unggul (daya tahan, kapasitas bahan bakar, personel, kapasitas kargo), harga, dan fakta bahwa pesawat ini sudah dioperasikan sejumlah angkatan udara.
Airbus A330 MRTT masuk ke dalam calon pesawat tanker yang akan diakuisisi oleh TNI AU.
Rencana pengadaan pesawat tanker dan pesawat berkemampuan pengintaian (AWACS- AEW&C) masuk ke dalam Renstra III TNI yang akan dimulai tahun depan. (Beny Adrian)
Sumber : mylesat.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb