Kurangi Ketegangan dengan AS, Turki Pertimbangkan Titip Sementara S-400 di Azerbaijan atau Qatar

KangUsHa 12:00
Loading...

Turki mempertimbangkan untuk menitipkan sementara sistem pertahanan udara (sishanud) S-400 Triumf yang dibeli dari Rusia di Azerbaijan atau di Qatar.
Pertimbangan ini muncul mengingat Amerika Serikat (AS) terus menerus menghalangi pembelian sishanud tersebut dan telah menutup keran pengiriman suku cadang jet tempur siluman F-35 ke Ankara. AS bahkan akan memberlakukan sanksi yang lebih berat lagi bila Turki tetap membandel terhadap larangan mengakuisisi S-400.
 S-400
 S-400 
Gedung Putih berharap Ankara membatalkan pembelian S-400 dari Moskow. Namun Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan tidak ada alasan bagi Turki untuk membatalkan pembelian tersebut. Ia juga menolak tawaran AS untuk membeli sishanud Patriot sebagai pengganti Triumf.
Keberatan AS atas pembelian S-400 Turki salah satunya dikarenakan sishanud ini tidak cocok dengan sistem NATO. S-400 juga dinilai membahayakan bagi keamanan penerbangan F-35.
Kantor berita Trend di Azerbaijan turut menurunkan berita bahwa Ankara kemungkinan akan menempatkan sementara S-400 di negeri beribu kota Baku itu. Meski demikian, belum ada keputusan resmi dikeluarkan oleh Ankara.
Presiden Erdoğan bulan lalu menyatakan, pengiriman S-400 oleh Rusia kepada Turki kemungkinan akan lebih cepat. Juli tahun ini Triumf diprediksi sudah bisa dikirimkan. (Roni Sontani)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak