Pesawat Jupiter Aerobatic Team “Menari” di Langit Iswahyudi

KangUsHa 05:00
Loading...

Enam pesawat latih turboprop jungkir balik “menari” di atas langit lapangan udara Iswahyudi, Maospati, Magetan. Enam pesawat buatan Korea Selatan itu, diawaki para instruktur penerbang Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta, tergabung dalam tim aerobatik TNI AU “Jupiter Aerobatic Team” (JAT), yang tampil di acara Open House Iswahjudi, Minggu (28/4/2019).
Jupiter Aerobatic Team
Jupiter Aerobatic Team 
Tim JAT merupakan tim aerobatik TNI AU yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Berbagai event nasional maupun internasional telah dijalani, di antaranya Singapore Airshow, Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) di Malaysia Air Show, Centennial of The RTAF Founding Fathers’ Aviation. Sedangkan even nasional antara lain HUT Kemerdekaan RI ke 73, The Indonesian National Armed Forces Mandalika International Marathon 2018 di Lombok.
Masyarakat Madiun dan Magetan terhibur oleh “tarian” JAT yang melintas di angkasa Maospati, Magetan. Sejak pagi hingga siang, warga dari dua kota itu berdatangan ke lanuma Iswahyudi . Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Widyargo Ikoputra SE MM , menegaskan bahwa Iswahyudi Open House merupakan rangkaian acara HUT TNI AU ke 73.
“TNI AU selalu dekat dengan masyarakat sebagai bentuk kemanunggalan. Lewat Iswahyudi Open House ini, kita berbaur bersama masyarakat dengan beragam acara. Salah satu acara adalah Jupiter Aerobatic Team yang pertama kali tampil di Iswahyudi,” ungkap Danlanud Iswahyudi.
JAT terbentuk pada tahun 1996 dan menggunakan empat pesawat jet tempur Hawk MK-53 buatan Inggris. Namun JAT sempat vakum pada tahun 2002. Hingga pada tahun 2008 mereka kembali dari kevakumannya dengan menggunakan pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan yang berjumlah delapan buah.
JAT berada di bawah Skadron Udara 102 Lanud Adisutjipto yang dikomando Letkol Pnb Marcellinus “Liger” Dirgantara. Pada 3 Maret 2009 silam, pria yang akrab disapa Marcel ini menjadi penerbang ke-24 yang berhasil meraih 1.000 jam terbang dengan pesawat F-5 Tiger II di Lanud Iswahyudi, Magetan.
Formasi The Jupiter saat ini dipimpin oleh Leader Letkol Pnb Marcell “Liger” Dirgantara, atau sebagai Jupiter 1 yang saat ini kesehariannya menjabat sebagai Danskadik 102. Posisi baru di tim Jupiter adalah Navigator for Leader yaitu Letkol Pnb M. Yunus “Bradox”. Jupiter 2 atau Right Wingman adalah Kapt. Pnb Ngurah “Viper”. Sebagai Jupiter 3 atau Left Wingman Kapt. Pnb Anggoro ” Grackle”, Jupiter 4 atau Slot Letkol. Pnb Yunus “Bradox”, Jupiter 5 Mayor Pnb Dika “Kingkong”, Jupiter 6 atau Lead Syncro Mayor Pnb Dodo “Monster”, dan Jupiter 7 Narator adalah Kapt. Pnb. Hutagalung “Dompak”.
Dalam atraksinya di atas langit Iswahyudi, JAT melakukan 15 manuver hight show formasi aerobatik secara vertikal terdiri dari Jupiter Roll, Loop, Clover Leaf, Vulcan and cross Over Benefit, yang membuat masyarakat Madiun dan Magetan tercengang menyaksikan atraksi dirgantara para penerbang TNI AU. [tok](Helmi Supriyanto)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak