Saab Pasok Radar Sea Giraffe AMB untuk Kapal Perang AL AS

KangUsHa 06:00
Loading...

Sejak tahun 2005 industri pertahanan dan keamanan asal Swedia, Saab, telah memasok radar laut Sea Giraffe AMB bagi kapal-kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS).
Belum lama berselang, Saab kembali mendapat pesanan tambahan radar pencarian udara 3D (3D Air Search Radar) Sea Giraffe AMB AN/SPS-77 untuk diinstalasi pada kapal perang terbaru jenis Littoral Combat Ship (LCS), yakni LSC 36 dan LCS 38.
Sea Giraffe AMB
Sea Giraffe AMB  
Di jajaran AL AS, kedua kapal perang pesisir ini masing-masing akan mendapat nama USS Kingsville (LCS 36) dan USS Pierre (LCS 38).
Dikutip dari Naval Today (16/4), Saab akan melaksanakan pengerjaan radar pesanan AL AS ini di Syracuse, New York dan di Gotheburg, Swedia.
Setelah itu, AN/SPS-77 akan digunakan juga pada kapal-kapal ekspedisi AL AS dan kapal-kapal patroli lepas pantai kelas Cutter satuan Penjaga Pantai AS (US Coast Guard).
Di luar Amerika Serikat, tahun 2017 Filipina telah mendapat persetujuan Pentagon untuk pembelian radar AN/SPS-77 bagi dua kapal perang fregatnya. Pembelian senilai 25 juta dolar AS itu dilaksanakan melalui AS dengan mekanisme Foreign Military Sales (FMS). Filipina melakukan pengajuan pembelian radar AN/SPS-77 pada 2016.
Sementara itu, radar turunan dari AN/SPS-77 yakni AN/SPN-50, juga sedang dibangun oleh Saab guna memenuhi pemintaan AL AS akan radar pengatur lalu lintas udara di kapal induk nuklir maupun kapal pendarat kelas LHA/LHD.
AS melakukan pemesanan radar AN/SPN-50 (V)1 kepada Saab pada 2016. (Roni Sontani)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak