Antisipasi Serangan Pre-Emptif China, Pesawat Tempur Taiwan Latihan Mendarat dan Terbang di Jalan Raya

KangUsHa 23:00
Loading...

Militer Taiwan meyakini bahwa China suatu waktu akan melancarkan serangan pre-emptif yang menghancurkan sejumlah fasilitas militer Taiwan, termasuk lapangan udaranya.
Oleh karena itu, Taiwan menjadi satu dari sedikit negara yang berlatih operasional jet tempur dari jalan raya.
Pesawat Tempur Taiwan Latihan
Pesawat Tempur Taiwan Latihan  
Latihan semacam itu yang tahun ini bersandi Han Guang 35, diadakan dengan rakyat antusias menyaksikan.
Gemuruh mesin jet-jet tempur F-16 Fighting Falcon, Mirage-2000 dan juga AIDC F-CK-1 Ching Kuo sudah menggelegar sejak pukul 7 pagi hari ini (28/5).
Tahun ini, Angkatan Udara Republik Taiwan mengirim pesawat tempur Mirage 2000-5, AIDC F-CK-1 Ching Kuo, F-16 serta pesawat patroli dan peringatan dini E2-K Hawkeye yang terbang dari pangkalan udara kota Hsincu.
Rakyat Taiwan dengan antusias tinggi menunggu di pinggir jalan dan di tingkap-tingkap bangunan untuk memotret momen langka itu.
Tiap pesawat bergiliran lepas landas dan mendarat dengan membawa muatan bom dan rudal latih, untuk mendekatkan dengan kondisi aktual serealistis mungkin.
Selain Taiwan, Swiss dan Singapura termasuk negara yang rajin menguji kemampuan penerbangnya mendarat di jalan raya. Puluhan tahun lalu, TNI AU pernah melakukan hal serupa dengan mendaratkan pesawat tempur F-86 Sabre di jalan tol Jagorawi.
Tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Redaksi tidak bertanggung jawab atas kesalahan nama, data, dan isi artikel sebagaimana tertera. (Aryo Nugroho)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak