AU Korea Selatan (ROKAF) Mulai Uji Terbang Jet Tempur F-35A di Pangkalan Udara Cheongju

KangUsHa 11:00
Loading...

Angkatan udara Korea Selatan (ROKAF) telah memulai uji terbang pesawat jet tempur siluman F-35A yang dibeli dari Lokcheed Martin Amerika Serikat (AS). Tes terbang berlangsung di sebuah pangkalan udara di Cheongju, Provinsi Chungcheong Utara, sejak pertengahan April.
Pesawat-pesawat tempur canggih itu sudah melakukan perjalanan dari Pangkalan Udara Luke di Arizona, AS, pada 22 Maret 2019, dengan menempuh jarak lebih dari 8.500 mil.
F-35A ROKAF
F-35A ROKAF 
F-35A dapat mencapai kecepatan tempur maksimum Mach 1.8 dan dapat membawa Joint Direct Attack Munition, sebuah senjata air-to-surface terpandu.
Fungsi stealth atau siluman F-35A memungkinkan pesawat itu terbang tanpa terdeteksi oleh radar dan memungkinkannya juga untuk melacak dan menghancurkan rudal musuh dengan lebih baik.
Media setempat, EDaily, melaporkan pelatihan pada hari Jumat (3/5/2019) menjadi tanda bahwa jet-jet tempur siluman itu akan segera dikerahkan militer Korea Selatan.
Perwakilan angkatan udara Korea Selatan mengatakan kepada EDaily dan layanan pers lainnya bahwa penempatan strategis pesawat-pesawat F-35A sudah sesuai jadwal.
"Kami harus hati-hati memeriksa untuk melihat apakah ada kerusakan sebelum penerapan strategis," kata perwakilan Angkatan Udara Korea Selatan tanpa disebutkanya namanya.
Militer Seoul berencana untuk mengerahkan lebih dari 10 unit jet tempur F-35A pada akhir 2019 dan 40 unit pesawat itu pada 2021.
Dalam pertemuan terbarunya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden AS Donald Trump menyampaikan apresiasi atas pembelian senjata AS oleh Korea Selatan.
"Korea Selatan setuju untuk membeli sejumlah besar peralatan militer kami dari jet tempur hingga rudal, hingga banyak hal lainnya," kata Trump.
Surat kabar Donga Ilbo melaporkan kemungkinan pembelian senjata lainnya termasuk helikopter multimisi MH-60R Seahawk.
Pembicaraan nuklir dengan Korea Utara terhenti sejak Februari, ketika Kim Jong-un dan Trump gagal mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi.
Korea Utara juga menolak menghadiri upacara yang menandai peringatan satu tahun KTT Moon-Kim pertama pada akhir pekan. (Muhaimin)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak