HQ-016 Quang Trung, Frigat Gepard Class Buatan Rusia Milik AL Vietnam

KangUsHa 22:00
Loading...

Pameran Maritim dan Pertahanan IMDEX 2019 yang berlangsung pada 14 - 16 Mei di Changi, Singapura. negara tetangga Vietnam, ikut memamerkan langsung kapal perang andalannya, HQ-016 Quang Trung. Berbeda dengan Sampari Class, Quang Trung adalah frigat dengan tonase standar 1.500 ton yang kemampuannya banyak disandingkan dengan frigat Martadinata Class TNI AL.
HQ-016 Quang Trung
HQ-016 Quang Trung 
Quang Trung adalah satu dari enam frigat Gepard Class yang saat ini sudah keseluruhan memperkuat arsenal AL Vietnam sejak tahun 2011 (HQ-011 Dinh Tien Hoang). HQ-016 Quang Trung sendiri dibangun oleh galangan Zelenodolsk Plant Gorky di Rusia, dan baru dioperasikan sejak 6 Februari 2018 setelah sebelumnya kapal ini diluncurkan pada 26 Mei 2016. Frigat Gepard Class (Project 1166.1) meski dibangun oleh Rusia, namun pengguna terbesarnya jusru Vietnam. AL Rusia kini mengoperasikan dua unit Gepard Class untuk memperkuat armada di Laut Kaspia.
Untuk saat ini, tingkat kesiapan tempur Gepard Class AL Vietnam jauh di atas frigat Martadinata Class TNI AL, pasalnya Martadinata Class masih belum tuntas dalam proses instalasi persenjataan. Seperti HQ-016 Quang Trung yang dipamerkan Vietnam di IMDEX 2019, sudah terbilang full armament dengan senjata andalan rudal anti kapal Kh-35E. Rudal ini digadang dengan jangkauan 200 km ini dipercaya dapat menghancurkan sasaran kapal dengan bobot 5.000 ton.
Jika frigat Martadinata Class menempatkan meriam rapid gun OTO Melara 76mm di haluan, begitu juga Gepard Class dilengkapi meriam AK-176M kaliber 76 mm. Dalam kesiapan tempur, dapat dibawa 120 munisi, dimana jarak tembak meriam ini mencapai 10 kilometer.
Untuk peran pertahanan udara (hanud) jarak dekat, ada dua kanon reaksi cepat (Close In Weapon System/CIWS) AK-630 kaliber 30 mm. Sistem CIWS dipasok oleh Palma anti-aircraft gun system dengan teknologi Sosna-R SAM, sementara sistem pengendali temnakan 3V-89. Palma dapat melindungi kapal terhadap seragan rudal jelajah dan bom udara berpemandu. Itu saja belum cukup, di frigat ini ada rudal hanud Osa-M yang sistem kendalinya penembakannya dipasok oleh Palma.
Dalam menghadapi aspek peperangan bawah air, Gerpard Class dilengkapi two twin peluncur torpedo kaliber 533 mm dan tersedia roket anti kapal selam legendaris RBU-6000. Frigat ini juga membawa 12 - 20 ranjau laut yang mekanismenya dijatuhkan ke laut lewat dua mine rails yang ada di buritan.
Frigat dengan sokongan mesin berteknologi combined diesel or gas (CODOG) ini dapat melesat dengan kecepatan 28 knots. Dengan bahan bakar penuh, frigat dengan panjang 102,14 meter dan lebar 13,09 meter ini dapat mengrung sejauh 7.000 kilometer pada kecepatan jelajah 10 knots. Diawaki 98 personel, kapal perang kebanggaan Vietnam ini dapat berlayar terus-menerus selama 15 hari. (Bambang Anggoro)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak