IDEF 2019: Vestel Defence Tawarkan Drone ISR Bersenjata Karayel

KangUsHa 08:00
Loading...

Perusahaan Vestel Defense kembali memamerkan drone intai bersenjata Karayel (Angin Kencang Dingin) pada pameran pertahanan IDEF 2019 di Istanbul, Turki pada 30 April - 3 Mei. Sebelumnya, drone Karayel tampil perdana di ajang yang sama, IDEF 2017.
Drone ISR Bersenjata Karayel
Drone ISR Bersenjata Karayel 
Karayel merupakan drone ISR bersenjata pesanan SSB (Undersecretariat for Defence Industries) untuk digunakan Angkatan Darat Turki. Dilansir savunmasanayisi.com, saat ini Vestel Defence telah menuntaskan uji terbang Karayel dan drone ini pun telah siap masuk jalur produksi.
Vestel Defence meluncurkan dua varian Karayel. Pertama dengan rentang sayap 10,5 m dan kedua dengan rentang sayap 13 m yang dinamai Karayel-SU. Keduanya memilik panjang badan total 6,5 m.
Karayel memiliki bobot WTOW 550 kg dan untuk Karayel-SU berbobot 630 kg. Keduanya dilengkapi mesin tunggal buatan lokal PD-170 berdaya 97 hp. Kecepatan terbang drone ini berada pada kisaran 110-150 km/jam dengan ketinggian terbang maksimum 6.850 m.
Dengan muatan perangkat EO/IR seberat 50 kg, Karayel dapat berpatroli di udara selama 20 jam siang dan malam. Drone dapat beroperasi pada suhu ekstrem mulai dari -40C hingga panas 60C.
Sebagai drone ISR bersenjata, Karayel dapat membawa muatan hingga 120 kg lebih. Tersedia dua gantungan senjata di tiap sayapnya untuk membawa rudal udara ke darat buatan Roketsan. Tipe MAM-C seberat 8,5 kg sebanyak empat dan dua untuk tipe MAM-L berbobot 22,5 kg.
Selain digunakan untuk pesanan militer dalam negeri, Karayel juga telah mendapatkan pelanggan pertama dari Arab Saudi. Selain itu dikabarkan Karayel juga telah diminati oleh Ukraina juga negeri jiran Malaysia. (Rangga Baswara Sawiyya)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak