Korps Marinir AS (USMC) Pamer Aksi Elephant Walk 20 Jet Tempur F-35B

KangUsHa 08:00
Loading...

Sebanyak 20 jet tempur siluman F-35B Lightning II milik Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) melakukan aksi baris bersama dan merayap dari ujung landasan untuk kemudian melaksanakan penerbangan.
Aksi yang biasa disebut ‘Elephant Walk’ ini dilaksanakan pertama kali oleh Skadron Latih Serang Tempur Marinir (VMFAT) 501 di Stasiun Udara Korps Marinir Beaufort, South Carolina, Amerika Serikat pada pada 1 Mei lalu.
 Jet Tempur F-35B
 Jet Tempur F-35B 
Akan halnya VMFAT 501, skadron latih dengan julukan “Warlords” dan diperkuat 20 F-35B ini juga berfungsi sebagai Skadron Pergantian Armada (FRS).
USMC dalam keterangan foto yang diunggahnya menyatakan, aksi elephant walk F-35B menunjukkan kesiapan pesawat dan komitmen pihak skadron pengoperasi untuk mencapai level tertinggi kesiapan pesawat dalam mencetak para penerbang F-35B Korps Marinir.
Dikutip dari The Aviationist, dalam latihan ini diperkirakan kawanan F-35B membawa persenjataan berupa rudal udara ke udara dan bom di dalam weapon bays-nya.
Di tengah permasalahan yang sedang dihadapi AS dalam program F-35, USCM khususnya VMFAT 501 menunjukkan bahwa F-35B yang dimilikinya dalam kondisi siap operasional.
Namun demikian, tulis laman tersebut, dilihat dari foto yang diunggah terlihat bahwa tidak semua F-35B dalam aksi ini milik USMC. Terdapat pula F-35B milik Angkatan Laut Italia dan F-35B milik AU Inggris (RAF).
Aksi elephant walk F-35 merupakan yang kedua kali dilaksanakan. Yang pertama dilakukan oleh 35 F-35A milik Angkatan Udara AS (USAF) dari Wing Tempur ke-388 dan ke-419. Aksi dilaskanakan di Hill Air Force Base, Utah pada November 2018.
Pertunjukan masif ini sering dilakukan oleh pasukan tempur udara militer AS. Pada Maret lalu, USAF mempertontonkan aksi elephant walk dengan menghadirkan 24 F-22 Raptor. (Roni Sontani)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak