Leonardo Eurotorp A244/S Mod.3 Whitehead, Torpedo Canggih untuk Helikopter AKS AS565 MBe Panther TNI AL

KangUsHa 18:00
Loading...

Bila tiada aral melintang, pada September mendatang Puspenerbal TNI AL akan menerima unit perdana dari dua helikopter AS565 MBe Panther full set AKS (Anti Kapal Selam) dari PT Dirgantara Indonesia. Selain akan dilengkapi dipping sonar DS-100 HELRAS (Helicopter Long-Range Active Sonar) buatan L-3 Ocean Systems, kedua AS565 MBe Panther juga akan mengusung torpedo ringan jenis baru, yaitu A244/S Mod. 3 Whitehead besutan Leonardo Spa.
A244/S Mod.3 Whitehead
A244/S Mod.3 Whitehead 
Sebagai informasi, A244/S Mod. 3 diakuisi menggunakan fasilitas kredit ekspor tahun anggaran 2011-2014. Kontrak pembeliannya dilakukan pada tahun 2017 dengan nilai 4 juta euro. Kontrak berlangsung selama tiga tahun sampai pengiriman, dan pembayaran atas kontrak dibiayai oleh Bank Spanyol BBVA cabang Italia serta akan dibayar lunas pada tahun ketujuh.
A244/S sendiri bukan barang baru di lingkup TNI AL, pasalnya generasi sebelumnya, A244/S Mod.2 sudah dibeli (80 unit) untuk kelengkapan korvet Diponegoro Class. Dari segi kemampuan, torpedo A244/S Mod.3 kini dilengkapi teknologi Advanced Digital Signal Processor (ADSP), yang menwarkan sejumlah uprade fungsi klasifikasi dan tracking pada beberapa sasaran secara simultan. ADSP juga mendukung kerja akustik dan pengoperasian multi frekuensi pada penembakan sasaran di perairan dangkal (kedalaman 40 meter)
Hulu ledak yang disematkan A244/S Mod.3 yaitu jenis omni-directional, yang dipercaya lebih punya efek mematikan pada sasaran. Torpedo generasi baru ini juga dilengkapi sistem propulsi ramah lingkungan, dimana digunakan teknologi non-toxic yang tidak mencemarkan perairan.
Torpedo dengan dua bilang propeller bergerak dengan contra-rotating dan mampu melesatkan torpedo dengan tiga pilihan kecepatan, yaitu kecepatan penuh 38 knots, kecepatan tinggi 36 knots dan kecepatan minimum 28 knots. Bicara jarak luncur, bila dipilih menggunakan kecepatan minimum maka jarak luncur sampai 13.500 meter. Sedangkan jika menggunakan kecepatan tinggi maka jarak luncur melorot jadi 10.000 meter.
Torpedo dengan very low radiated noise ini tergolong torpedo multi platform, dengan kaliber 324 mm maka A244/S Mod.3 dapat dilepaskan dari kapal perang permukaan, pesawat intai dan helikopter AKS. A244/S Mod.3 punya panjang 2750 mm, lebar 324 mm dan berat 265 kg. Dari situs Leonardo disebutkan bahwa torpedo ini sudah digunakan oleh 16 negara. (Gilang Perdana)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak