Mengenal K745 Blue Shark, Torpedo Buatan Korea Selatan untuk Helikopter AW159 Wildcat AL Filipina

KangUsHa 16:00
Loading...

Pengadaan helikopter anti-kapal selam AW154 Wildcat AL Filipina sudah dilengkapi torpedo untuk melibas kapal selam lawan. Uniknya, pilihan adopsi torpedo untuk Wildcat Filipina adalah K745 Blue Shark buatan LIGNex1, Korea Selatan. Padahal Leonardo sebagai manufaktur Wildcat juga punya produk torpedo ringan yang lebih kondang, yaitu A244S Mod 3, jenis torpedo ini diakuisisi oleh TNI AL untuk helikopter AKS AS556 MBe Panther.
K745 Blue Shark
K745 Blue Shark 
Meski namanya terdengar asing, namun torpedo ini bisa menjadi pilihan alternatif di tengah hegemoni alutsista produk Barat atau AS. K745 Blue Shark (Chung Sang Eo) punya kesamaan dengan torpedo A244S, lantaran mengusung kaliber NATO 324 mm. Persisnya sebagai torpedo ringan, K745 Blue Shark dapat diluncurkan dari berbagai platform, selain dari helikopter, torpedo 324 mm ideal diluncurkan dari kapal perang permukaaan dan pesawat intai maritim. Hanya untuk peluncuran dari pesawat intai umumnya ditambahkan parasut untuk memperlambat hentakan torpedo saat menyentuh air.
Dari segi kemampuan, K745 Blue Shark dapat melesat dengan kecepatan 45 knots atau setara 83 kilometer per jam. Jarak jangka torpedo ini sampai 12 kilometer dan dapat menguber sasaran sampai kedalaman 500 meter. Keunggulan torpedo asal Negeri Gingseng ini dapat beroperasi tanpa batasan serta pengaruh suhu dan salinitas air laut. Sistem pemandu pada torpedo ini mengandalkan akustik. Seperti halnya A244S Mod 3, Blue Shark juga digadang dapat diluncurkan di perairan dalam dan perairan dangkal.
Secara umum konfigurasi bagian torpedo terdiri dari acoustic transducer and beamforming circuit, warhead, guidance and control computer, battery dan propulsion. Sebagai sumber tenaga dipercayakan baterai lithium polymer. Pihak pabrikan menyebut, K745 Blue Shark dapat beroperasi bersamaan antara stand alone dan melalui interface di combat management system (CMS).
Dirunut dari sejarahnya, Blue Shark mulai dirancang sejak 1995 dan mulai masuk produksi pada tahun 2005. Dari spesifikasi, K745 Blue Shark punya panjang 2.700 mm, lebar 324 mm dan berat 290 kg. Selain AL Korea Selatan, pengguna Blue Shark saat ini baru AL Filipina. (Gilang Perdana)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak