Pembom B-52H Stratofortress Hidup Lagi Setelah Dikubur Selama 10 Tahun di Padang Arizona

KangUsHa 06:00
Loading...

Masuk kuburan pesawat (boneyard) di Arizona ternyata tidak mengakhiri perjalanan hidup sebuah pesawat terbang.
Contohnya pembom B-52H “Wise Guy” Stratofortress ini. Usianya pun sudah tua jika dilihat tahun pembuatannya awal 1960-an. Setelah dipensiunkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS), pesawat ini “dikubur” di gurun Arizona selama lebih dari 10 tahun sebelum dihidupkan kembali bak zombi.
B-52H “Wise Guy” Stratofortress
B-52H “Wise Guy” Stratofortress 
Untuk kedua kalinya dalam sejarah Angkatan Udara AS, matra ini telah menghidupkan pembom B-52H Stratofortress dari boneyard di Lanud Davis-Monthan di Arizona dan mengirimkannya kembali unit operasional.
Pembom ini berhasil diterbangkan pada Selasa (14/5) ke Lanud Barksdale di Louisiana dari Tucson setelah dikbur di Davis-Monthan. Pesawat diterbangkan oleh Kolonel Robert Burgess, Komandan 307th Operations Group.
AU AS kehilangan salah satu pembomnya pada tahun 2016, yang menjadi awal dimulainya rangkaian menjadikan "Wise Guy" sebagai B-52H kedua yang pernah diambil dari 309th AMARG.
Pesawat pertama yang dijuluki Ghost Rider, dibawa ke Barksdale AFB pada 2015.
Dengan lebih 17.000 jam terbang sepanjang hidupnya dan lebih dari satu dekade terpanggang di padang pasir, membutuhkan kerja keras untuk membuat “Wise Guy” mencapai tahap siap tempur.
Menurut Kolonel Robert Burgess, dibutuhkan waktu empat bulan untuk membuatnya kembali siap.
Bagi seluruh personel di skadron pembom ini, menghidupkan kembali B-52H ini merupakan tantangan sekaligus kebanggaan tersendiri.
"Membawa bomber dari AMARG adalah kesempatan sekali seumur hidup dan saya sudah melakukannya dua kali. Ini suatu kehormatan,” ujar Sersan Barnhill dari 2nd Bomber Wing.
Untuk menghidupkan kembali pembom ini dibutuhkan 550 personel dari berbagai disiplin pemeliharaan dengan biaya sekitar 30 juta dolar AS.
Pembom B-52H Stratofortress ini diharapkan akan mencapai tahap kesiapan penuh pada awal 2021.(Beny Adrian)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak