Taiwan Produksi Korvet Rudal dan Kapal Pembunuh Kapal Induk (Aircraft Carrier Killer)

KangUsHa 17:00
Loading...

Taiwan telah memulai produksi massal kapal perang jenis korvet rudal (missile corvette) dalam negeri dengan nama Tuo Jiang-class (Tuo Chiang-class) dan kapal penyebar ranjau berkecepatan tinggi (high-speed minelayer) guna meningkatkan kekuatan angkatan lautnya.
Aircraft Carrier Killer
Aircraft Carrier Killer 
Dijuluki sebagai armada pembunuh kapal induk (aircraft carrier killer), korvet berukuran kecil dengan bobot 680 ton ini mampu bergerak lincah dengan kecepatan hingga 45 knot.
Tahap pertama, Taiwan akan membangun tiga unit korvet dari 12 yang direncanakan. Proyek bernama Hsun Hai ini dilaksanakan pengerjaannya oleh Lung Teh Shipbuilding di Suao, Yilan dengan anggaran mencapai satu miliar dolar AS.
Dikutip dari SCMP (25/5), kapal korvet rudal akan dilengkapi sistem komputer paling maju di dunia. Sementara bahan konstruksi kapal akan menggunakan campuran metal termodinamik tinggi guna mencapai tingkat kekuatan kapal yang tinggi.
Kapal juga dibuat berteknologi siluman dengan tingkat tangkapan oleh radar musuh sangat rendah. Dengan begitu, keberadaan kapal sutlit terdeteksi walau sudah dekat ke pantai sekalipun.
Untuk persenjataan, pada korvet ini disematkan rudal antikapal. Terdiri dari delapan rudal Hsiung Feng II (HF-II) dan delapan rudal Hsiung Feng III (HF-III), masing-masing berkecepatan subsonik dan supersonik/hipersonik. Sebagai gambaran, HF-III produksi CSIST, Taiwan ini memiliki jarak jangkau 400-1.500 km.
Korvet Rudal Tuo Chiang-class yang masuk jenis catamaran (dua lambung) ini akan menggantikan peran kapal lama berukuran lebih besar namun kurang lincah dan berbiaya mahal. Termasuk juga fregat dan kapal perusak.
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menghadiri langsung upacara dimulainya produksi massal kapal ini di Yilan.
Sementara untuk kapal penyebar ranjau berkecepatan tinggi, juga akan dikerjakan oleh Lung Teh di galangan Kaohsiung.
Tsai Ing-wen mengatakan, produksi kapal dalam negeri merupakan langkah Taiwan memasuki era baru peningkatan kekuatan angkatan laut untuk mempertahankan negara dari invasi negara lain.
“Ini membuktikan bahwa kita bisa membuat kapal perang dan meluncurkan era baru kekuatan angkatan laut,” ujarnya.
Dijadwalkan, pengiriman Tuo Jiang-class kepada Angkatan Laut Taiwan akan dilaksanakan pada 2021 dan dilanjutkan dengan dua unit lainnya hingga tahun 2025.
Demikian juga untuk kapal penyebar ranjau, dijadwalkan siap mulai 2021.
Saat ini AL Taiwan mengoperasikan satu unit prototipe Tuo Jiang-class yang diterima dari galangan Lung Teh tahun 2014. (Roni Sontani)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak