Iran: MQ-4C Ditembak Khordad 3, SAM Buatan Dalam Negeri

KangUsHa 19:43
Loading...

Korps Garda Republik Islam Iran merayakan keberhasilan mereka menembak jatuh drone MQ-4C BAMS-D milik Angkatan Laut AS dengan merilis video penembakan tersebut.
Klaim IRGC, drone tersebut ditembak jatuh menggunakan sistem rudal darat ke udara Khordad 3 pada pukul 04.05 setelah memasuki wilayah udara Iran.
SAM Khordad 3
SAM Khordad 3 
Titik pencegatan menurut Iran adalah pada koordinat 25°59’43″N 57°02’25″E, dan Iran berhasil memperoleh potongan-potongan drone yang jatuh di laut tersebut.
Khordad 3 sendiri merupakan sistem TEL (Transporter, Erector, Launcher) yang menjadi bagian dari sistem pertahanan udara Raad yang dikembangkan sejak pertengahan 2010 dan mulai ditampilkan pada 2012.
Khordad 3 dilengkapi dengan rudal Taer-2B dengan jarak jangkauan 105 kilometer, namun dengan kemampuan capai ketinggian vertikal yang belum diketahui.
Khordad 3 diklaim dapat menjejak 4 sasaran dan meluncurkan 2 rudal secara simultan, dibantu radar phassed array. Jika dicari analoginya, Khordad-3 bisa jadi dikembangkan dari basis rudal Buk milik Rusia. (Aryo Nugroho)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak