Lima Produk Militer Pindad Indonesia Mendunia

KangUsHa 11:00
Loading...

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang produksi peralatan militer PT. Pindad (Persero) tercatat terus mengalami peningkatan kualitas dan produktivitas. Dibuktikan dengan kian dikenalnya peralatan tempur produksi anak negeri ini di kancah internasional.
Sejumlah produk buatan Pindad sejatinya memang telah lama berekspansi ke pasar ekspor. Mulai dari amunisi, persenjataan termasuk pistol, senapan laras panjang dan senjata genggam.
Begitu juga dengan kendaraan taktis perang yang telah digunakan angkatan militer dari sejumlah negara, seperti Uni Emirat Arab (UEA), Myanmar dan Thailand. Ditambah mendapat kehormatan secara resmi digunakan oleh tentara penjaga perdamaian Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).
Berikut deretan produk militer buatan Pindad yang telah mendunia:
1. Senapan Serbu SS-2
Senapan serbu SS-2 menjadi satu produk buatan Pindad yang laris manis di pasar internasional. Terdapat delapan varian dari senjata laras panjang seri SS-2 ini, di antaranya SS2-V7 subsonic, SS2-V5, SS2-V4-HB, SS2-V2, SS2-V1, SS2-V4, SS2-V5, SS2-V1 HB, dan SS2-V2 HB. Seri SS-2 tersebut menggunakan amunisi kaliber 5.56 mm.
Senapan serbu SS-2
Senapan serbu SS-2 
Di dalam negeri, lebih dari 25 ribu unit senjata jenis ini digunakan pasukan TNI. Sementara di luar negeri, senapan jenis ini telah masuk ke pasar Asia Tenggara dan Asia Tengah.
Kelebihan senapan SS-2 memiliki akurasi dan tingkat stabil yang mumpuni. Lewat senjata jenis ini juga kontingen Indonesia menang di berbagai kejuaran menembak dunia.
2. Amunisi Kaliber 5.56 MM
Melengkapi senapan serbu seri SS-2, amunisi kaliber 5.56 mm buatan Pindad ikut menjadi primadona. Menjadi salah satu produk unggulan yang digunakan berbagai angkatan militer dan kepolisian dari berbagai negara.
Amunisi Kaliber 5.56 mm
Amunisi Kaliber 5.56 mm 
Melansir situs resmi Pindad.com, sedikitnya 600 juta butir amunisi kaliber 5.56 mm telah dipakai untuk pasokan dalam negeri hingga Juni 2017. Jumlah tersebut belum termasuk produksi untuk pesanan dari luar negeri.
Amunisi jenis ini tercatat oleh Pindad sebagai produk yang paling banyak diproduksi.
3. Senapan Runduk (Sniper) SPR-2
Senapan khusus penembak runduk (sniper) SPR-2 merupakan jenis senapan anti material yang sempat menghebohkan dunia. Musababnya, SPR-2 mampu menjebol lapisan baja setebal 10 mm dari jarak tembak 2 km.
SPR-2
SPR-2 
Kelebihannya senapan SPR-2 yang lain mampu memuntahkan peluru dengan kecepatan hingga 900m/detik, sehingga peluru bisa melesat mencapai target dengan jarak efektif 2 km, hanya dalam waktu kurang dari 3 detik.
Senapan jenis ini laris manis dan dikenal di banyak negara lantaran dianggap sepadan, atau bahkan mengungguli produk senapan-senapan anti material yang biasa digunakan oleh pasukan elit dunia, semisal Black Arrow, Hecate II, NTW-20 atau Truvelo.
4. Kendaraan Taktis Komodo (4X4)
Komodo merupakan kendaraan taktis buatan Pindad yang diproduksi dalam empat jenis varian. Salah satu variannya Komodo 4X4 Missile Launcher. Kualifikasinya dapat meluncurkan rudal mistral yang terpasang di bagian belakang Komodo 4X4 Missile Launcher.
Komodo 4X4
Komodo 4X4 
Kendaraan jenis ini kerap digunakan sebagai bagian dari pertahanan udara di wilayah militer. Dilengkapi dengan intercom set sebagai alat komunikasi, kendaraan ini mampu mengangkut 4 orang personel di dalamnya.
Komodo telah dibeli dan digunakan oleh banyak negara, semisal Oman, Brunei, Malaysia dan Singapura. Durabilitas dan efektititas menjadi beberapa keunggulan produk buatan Pindad ini.
5. Panser Anoa (6X6)
Panser Anoa merupakan produk buatan Pindad yang dinilai paling membanggakan bagi warga negara Indonesia. Pasalnya, Anoa telah digunakan oleh pasukan penjaga perdamaian PBB dalam berbagai misi di daerah konflik.
Anoa 6X6
Anoa 6X6 
Panser Anoa juga telah mendapatkan sertifikasi standar internasional NATO STANAG Level 3, yang berarti telah terbukti memiiki kemampuan menahan serangan peluru kinetis pihak musuh.
Panser seri Anoa diproduksi dalam tujuh varian yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, yakni Anoa 6X6 Ambulance, Anoa 6X6 Comand, Anoa 6X6 Logistic, Anoa 6X6 Recovery, Anoa 6X6 Amphibious, Anoa 6X6 APC (Armoured Personnel Carrier) dan Anoa 6X6 Mortar.(Eno Dimedjo)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak