Malaysia dan Pakistan akan Diajak Kerjasama Bangun Pengembangan Pesawat Tempur TF-X Bersama Turki?

KangUsHa 22:00
Loading...

Ajang Paris Air Show 2019 yang baru saja berlalu dimanfaatkan Turki untuk merilis mockup TF-X, jet tempur generasi 4,5 yang mereka gagas dan akan dibuat secara mandiri oleh TAI (Turkish Aerospace Industries).
Pesawat Tempur TF-X
Pesawat Tempur TF-X 
Namun namanya satu proyek prestisius dan mahal, tentu Turki tak hendak menanggung semuanya sendirian. Buat apa namanya kawan, kalau tak hendak diajak bertualang bersama?
Nah, Pakistan dan Malaysia adalah dua negara yang saling lirik untuk diajak berkongsi dalam proyek TF-X. Para pejabat militer Pakistan yang diwawancarai saat datang ke Paris Air Show mengatakan bahwa mereka tak keberatan andai diajak Turki mengerjakan proyek jet tempur generasi 4,5 itu.
Sementara Malaysia sendiri malah sebelumnya sudah sempat menandatangani MoU general dalam event Defence Services Asia 2018. Dalam pameran itu, Malaysia diwakili Deftech menandatangani MoU bersama dengan TAI, yang membisikan bahwa Malaysia bisa membeli TF-X dalam 10 tahun kedepan.
TAI sendiri memang memamerkan TF-X, namun itu masih sebatas mockup. Pekerjaan rumah bagi TAI sendiri masih panjang karena mereka harus melengkapi daftar supplier yang memasok komponen kunci seperti mesin, avionik, radar, dan sistem persenjataan, sementara rekan sejauh ini yaitu AS menjauh karena Turki membeli rudal S-400. (Aryo Nugroho)
Sumber : http://arcinc.id
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon