Tanker Terbaru AS KC-46A Pegasus Lakukan Air Refueling Perdana Pembom Siluman B-2 Spirit

KangUsHa 05:00
Loading...

Pesawat tanker terbaru Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS/USAF) Boeing KC-46A Pegasus untuk pertama kalinya ‘menyusui’ pesawat pembom siluman Northrop Grumman B-2 Spirit. Foto dan siaran tertulis disampaikan USAF pada Rabu, 5 Juni lalu.
Dalam foto terlihat, kedua pesawat tampak gagah melaksanakan kegiatan air refueling yang berfungsi meningkatkan daya jangkau dan lama terbang pesawat di udara.
 KC-46A Pegasus
 KC-46A Pegasus 
Keberhasilan pengisian bahan bakar oleh Pegasus terhadap Spirit disebut AU AS sebagai sebuah pencapaian tersendiri. Inilah untuk pertama kalinya KC-46A melakukan pengisian bahan bakar di udara terhadap pesawat dark paint scheme (jet hitam - sebutan bomber siluman AU AS).
Pengisian bahan bakar di udara terhadap B-2 dilaksanakan pada 23 April lalu dalam penerbangan di atas Pangkalan Udara Edwards, California. Adapun KC-46A baru diterima USAF pada awal pertengahan tahun ini.
Sebelumnya, KC-46A juga telah berhasil melaksanakan kegiatan serupa terhadap A-10, C-17, KC-10, KC-135, KC-46A, AV-8B, dan F-15E.
Pengisian bahan bakar menggunakan KC-46A dibantu dengan perangkat lunak dan layar Remote Vision Systems (RVS) di mana operator bisa mengatur dan melihat proses pengisian bahan bakar melalui layar tersebut.
Boeing tengah berupaya meningkatkan kapabilitas RVS agar bisa secara otomatis menuntun boom pengisian bahan bakar ke tempat pengisian di pesawat penerima. Sejauh ini, proses pengisian dilakukan secara manual oleh operator dengan melihat tampilan di layar serta parameter-parameter data.
Pada keadaan silau oleh cahaya atau dalam keadaan cahaya redup, kata Boeing, tentu saja pengisian bahan bakar di udara terhadap pesawat jenis siluman membutuhkan upaya yang lebih tinggi lagi. Hal ini untuk menghindari terjadinya gesekan pada kulit pesawat di mana di situ terdapat lapisan penyerap gelombang radar.
KC-46A Pegasus diawaki oleh tiga personel terdiri dari dua pilot dan satu operator boom. Meski demikian, di pesawat tersedia 15 kursi permanen untuk tambahan kru atau petugas pendamping seperti petugas medis. Pesawat yang dibangun dari basis pesawat komersial B767 ini juga dapat dikonversi untuk angkut penumpang dengan kapasitas 114 kursi.
Uji pertama pengisian bahan bakar KC-46A Pegasus dilaksanakan terhadap jet tempur F-16 pada 24 Januari 2016. Pesawat ini juga berhasil melakukan pengisian bahan bakar di udara terhadap pesawat F-15E Strike Eagle pada Desember 2018.
Pada 4 Juni 2019, AU AS mengumumkan bahwa KC-46A telah berhasil mendapatkan sertifikasi untuk pengisian bahan bakar di udara terhadap jet tempur F-35 Lightning II dan pesawat serang elektronik EC-130H Compass Call.
Pengisian bahan bakar di udara pertama kali terhadap F-35 dilakukan oleh KC-46A pada 22 Januari 2019. Inilah untuk pertama kali KC-46A berhasil melakukan pengisian bahan bakar terhadap pesawat tempur generasi kelima.
Sehari kemudian, USAF mengumumkan pencapaian serupa terhadap pesawat B-52 Stratofortress dan B-2 Spirit. Sementara pesawat lain yang juga telah melaksanakan pengisian bahan bakar menggunakan KC-46A adalah F/A-18 Hornet pada 10 Februari 2016.
Seperti kita ketahui, pesawat AL AS seperti Hornet dan juga Harrier (Korps Marinir) tidak menggunakan model boom dalam pengisian bahan bakar, melainkan menggunakan perangkat probe and drogue.
Pesawat lain yang juga telah diberi bahan bakar di udara oleh KC-46A adalah A-10 Warthog dan C-17 Globemaster II. Dijadwalkan berikutnya, KC-46A akan melaksanakan pengisian bahan bakar terhadap pembom B-1B Lancer milik USAF. (Roni Sontani)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak