Kapal Selam Rusia Terbakar 14 Pelaut Dinyatakan Gugur

KangUsHa 06:00
Loading...

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Rusia mengalami kerugian besar terkait insiden fatal di atas kapal penelitian laut dalam Rusia. Kapal selam tersebut adalah Project 1083 Losharik. Kapal selam riset yang didesain untuk menyelam di laut super dalam. Ia menambahkan bahwa dua pahlawan Rusia dan tujuh perwira tinggi gugur.
Project 1083 Losharik
Project 1083 Losharik 
"Ini bukan kapal biasa, ini kapal penelitian," kata presiden saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu setelah tragedi itu seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (3/7/2019).
Putin menyebut awak kapal sebagai profesional berkualifikasi tinggi dan menyebut kematian 14 pelaut sebagai kerugian besar bagi Rusia dan armada kami.
Dia menyebutkan bahwa dua dari mereka yang gugur dalam kebakaran di atas kapal penelitian sebelumnya dianugerahi gelar kehormatan tertinggi negara itu - Pahlawan Rusia - sementara tujuh adalah perwira angkatan laut di pangkat kapten kelas 1.
Putin memerintahkan Shoigu untuk melakukan perjalanan pribadi ke Severomorsk, tempat kapal penelitian saat ini ditempatkan, untuk mengawasi penyelidikan dan melaporkan kepadanya setelah kembali.
Pada hari Senin, kapal riset laut dalam Angkatan Laut Rusia terbakar ketika sebuah operasi yang direncanakan bertujuan mengeksplorasi dasar laut di perairan teritorial Rusia.
Komite Investigasi Rusia meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut. Angkatan Laut Rusia juga memulai penyelidikan sendiri yang dipimpin oleh kepala Angkatan Laut, Nikolay Evmenov. Penyebab kebakaran masih belum diketahui sejauh ini.
Sementara itu, direktur Radiasi Norwegia dan Otoritas Keselamatan Nuklir, Per Strand, mengatakan kepada Reuters mengutip pejabat Rusia yang tidak disebutkan namanya bahwa kebakaran di atas kapal Rusia diduga disebabkan oleh ledakan gas. Dia menambahkan bahwa pihaknya tidak mendeteksi tingkat radiasi abnormal setelah insiden tersebut.
Kementerian Pertahanan Rusia segera menolak laporan oleh Reuters karena mengatakan bahwa mereka tidak memberi tahu pejabat Norwegia tentang insiden tersebut. (Berlianto)
Kapal Selam Rusia Kebakaran, Belasan Pelaut Gugur
Kementerian Pertahanan Rusia menuturkan, salah satu kapal selam mereka mengalami kebakaran. Belasan pelaut, menurut kementerian tersebut, gugur dalam insiden itu.
"14 orang pelaut gugur setelah kapal selam milik Kementerian Pertahanan mengalami kebakaran. Kapal riset laut dalam itu melakukan survei militer di perairan teritorial Rusia," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.
Kementerian itu, seperti dilansir Reuters pada Selasa (2/7), mengatakan bahwa kebakaran itu terjadi kemarin dan saat ini api telah berhasil dipadamkan. Kementerian itu menambahkan, saat inj kapal selam nahas tersebut telah dievakuasi.
"Kapal selam itu sekarang berada di pangkalan Armada Utara Rusia di Severomorsk di Laut Barents, dan penyelidikan telah diluncurkan untuk menentukan penyebabnya," sambungnya.
Pada Agustus 2000, kapal selam Kursk bertenaga nuklir Rusia tenggelam ke lantai Laut Barents setelah dua ledakan di haluannya. Insiden itu membuat gugur semua kru di dalamnya, yang berjumlah 118 orang. (Victor Maulana)(Herroe Soestiana - TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon