Tak Hanya Israel, Ternyata AU AS Pernah Rasakan Pedasnya Jammer Rusia di Suriah

KangUsHa 23:00
Loading...

Kasus komplain pilot-pilot maskapai penerbangan sipil Israel dan juga sejumlah negara seperti Siprus dan Lebanon yang mengadukan diacaknya GPS yang mereka gunakan oleh sistem yang diduga digelar Rusia nyatanya bukan hal baru.
AC-130 Gunship
AC-130 Gunship 
Pada 2018 militer Amerika Serikat pernah mengadukan hal yang serupa.dalam GEOINT Symposium 2018, seorang Jenderal AD AS bernama Raymond Thomas yang mengurusi aktivitas pasukan khusus AS mengatakan bahwa “Saat ini di Rusia, kita beroperasi di dalam lingkungan peperangan elektronik paling agresif di muka bumi.”
Thomas mengatakan bahwa “Mereka (Rusia) menguji kami setiap hari, melumpuhkan sistem komunikasi kami, melumpuhkan AC-130 Gunship, dan sebagainya.”
Kemampuan Rusia untuk melumpuhkan sistem GPS tidak hanya membahayakan komunikasi, tapi juga koordinasi antara pasukan di darat dan di udara. Koordinat GPS menjadi andalan ketika langit tertutup awan sehingga laser pembidik tidak bisa terbaca oleh pod yang dibawa jet tempur ataupun gunship macam AC-130.
Dan pengakuan di depan publik bahwa militer AS dibuat kesulitan dalam melaksanakan tugasnya di Suriah adalah semacam suatu ‘pujian’ tidak langsung yang diberikan oleh militer AS terhadap militer Rusia yang memang dikenal jago dalam bidang radio elektronik. (Aryo Nugroho)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon