Trump Veto Resolusi Senat Tolak Penjualan Senjata ke Arab Saudi

KangUsHa 17:00
Loading...

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memveto tiga resolusi Senat yang akan mengakhiri kesepakatan penjualan senjata ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran.
Trump Veto Resolusi Senat
Trump Veto Resolusi Senat  
Pada bulan lalu, Senat AS sepakat untuk mendukung 22 resolusi yang akan memblokir bantuan militer Trump ke sejumlah negara, tiga diantaranya disetujui oleh DPR pekan lalu. Trump lantas berjanji akan memveto resolusi itu setelah mereka melewati dua kamar Kongres.
"Resolusi ini akan melemahkan daya saing global Amerika dan merusak hubungan penting yang kami bagi dengan sekutu dan mitra kami," kata Trump dalam pesan veto kepada Kongres seperti dikutip dari New York Post, Kamis (25/7/2019).
Langkah-langkah itu akan menangguhkan penjualan senjata yang dipandu dengan presisi ke Arab Saudi. Beberapa anggota parlemen meyakini jika senjata tersebut telah digunakan terhadap warga sipil dalam perang yang dipimpin Saudi di Yaman.
"Amerika Serikat sangat prihatin tentang korban konflik pada warga sipil tak berdosa dan berupaya mengakhiri konflik di Yaman," tulis Trump dalam pesannya.
“Tapi kita tidak bisa mengakhirinya melalui resolusi yang salah dan memakan waktu yang gagal mengatasi akar masalahnya. Daripada menghabiskan waktu dan sumber daya untuk resolusi semacam itu, saya mendorong Kongres untuk mengarahkan upayanya ke arah mendukung pekerjaan kami untuk mencapai perdamaian melalui penyelesaian negosiasi untuk konflik di Yaman," sambungnya.
Veto datang di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran, yang juga musuh Arab Saudi. AS menyalahkan Iran atas jatuhnya pesawat tak berawak milik militernya di Selat Hormuz.
Iran juga menyita sebuah kapal tanker minyak Inggris di perairan yang sama dalam apa yang oleh pejabat Inggris sebut sebagai "tindakan pembajakan negara."(Berlianto)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak