Boeing Upgrade Helikopter Little Bird USSOCOM - Radar Militer

23 Agustus 2019

Boeing Upgrade Helikopter Little Bird USSOCOM


Boeing sedang melakukan upgrade armada helikopter unik yang digunakan untuk operasi khusus Angkatan Darat Amerika Serikat di bawah program Mission Enhanced Little Bird (MELB). 47 helikopter saat ini dalam kedinasan harus tetap beroperasi sampai setidaknya tahun 2035.
Helikopter Little Bird
Helikopter Little Bird  
A/MH-6 Little Bird adalah helikopter serang/intai bersenjata yang berkemampuan tinggi yang secara khusus dirancang dengan karakteristik kinerja yang unggul dan peralatan misi yang fleksibel dan mudah dikonfigurasi, ideal untuk serangan ringan, serangan presisi, Anti-ranpur lapis baja, Close Combat Attack, Intai, Keamanan & Pengawalan, penyusupan/penjemputan pasukan, SAR tempur.
Komputer misi A/MH-6 memproses data dalam jumlah besar dan membagikan informasi ke semua sistem pesawat dengan cepat. Helikopter ini juga memiliki tingkat keamanan tinggi, meningkatkan dan membantu pengambilan keputusan yang cepat, meningkatkan kesadaran situasional, mengurangi beban kerja pilot dan mengurangi biaya dukungan siklus hidup pesawat.
Saat ini semua helikopter Little Bird dijamin dapat melindungi kru dari semburan senjata jenis AK47. Perlindungan balistiknya juga membuat helikopter tersebut aman dari kaliber NATO 5,56mm.
Program MELB mencakup peningkatan komponen utama helikopter A/MH-6 Little Bird untuk meningkatkan margin keselamatan, kontrol penerbangan, dan memperbarui kokpit. Helikopter yang ditingkatkan menerima bilah rotor baru, boom ekor yang lebih panjang, gearbox belakang baru. Konfigurasi baru MELB Block 3.0 ini juga mencakup kemampuan yang lebih baik untuk terbang di ketinggian tinggi dalam cuaca panas, kapasitas muatan yang 500 pound lebih berat, kontrol penerbangan yang ditingkatkan, dan kokpit yang ditingkatkan dengan full moving map.
Awal tahun ini, SOCOM telah mengumumkan rencana untuk memperpanjang masa kerja helikopter A/MH-6 Little Bird hingga tahun 2030-an sebelum akhirnya dipensiunkan.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb