Iran Kerahkan Dua Kapal Perang ke Teluk Aden - Radar Militer

27 Agustus 2019

Iran Kerahkan Dua Kapal Perang ke Teluk Aden


Iran mengerahkan dua kapal perang ke Teluk Aden. Misinya untuk memberikan perlindungan terhadap kapal-kapal komersial Republik Islam Iran di perairan internasional.
Kapal Perang Sahand  Iran
Kapal Perang Sahand  Iran 
Wakil Koordinator Militer Laksamana Habibollah Sayari, seperti dikutip Radio Farda, Senin (26/8/2019), mengatakan dua kapal perang—kapal perusak Sahand dan kapal pembawa helikopter Kharg—akan mengawal kapal-kapal komersial di Laut Oman dan Teluk Aden.
Pada akhir 2018, Iran mengklaim kedua kapal perang itu dikirim ke Amerika Selatan sebagai bagian dari upaya untuk memperluas kehadiran angkatan lautnya di seluruh dunia.
Teluk Aden terletak di sebelah selatan Yaman dan di sebelah timurnya terhubung dengan Laut Arab, yang kemudian bersambung dengan Laut Oman.
Pengumuman pengerahan dua kapal perang ini muncul pada saat ketegangan meningkat di wilayah Teluk Persia, di mana Amerika Serikat telah berusaha untuk mengumpulkan kekuatan koalisi untuk melindungi kapal-kapal tanker minyak dan kargo di kawasan Teluk Persia.
Pembentukan koalisi itu sebagai respons serangan pada bulan Juni yang menargetkan kapal tanker minyak dan penyitaan kapal tanker minyak berbendera Inggris oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran pada bulan Juli.
Kapal perusak Sahand diluncurkan pada akhir 2018. Kapal ini dilengkapi artileri angkatan laut dan rudal permukaan-ke-permukaan (surface-to-surface), serta landasan helikopter. Pada upacara peluncurannya, militer Teheran mengklaim bahwa Sahand adalah kapal perang paling canggih di Angkatan Laut Iran.(Muhaimin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb