Israel Kembangkan Kendaraan Tempur Canggih dengan Sistem Kendali Mirip Video Game

KangUsHa 07:00
Loading...

Israel, pada Minggu (4/8/2019), mengungkap proyek kendaraan tempur masa depan yang sedang dikembangkan.
Kendaraan tersebut berupa tank tempur dengan sistem layar sentuh, penglihatan 360 derajat, serta dalam salah satu purwarupa (prototipe), menggunakan alat pengendali mirip pada video game.
Sistem Kendali Mirip Video Game
Sistem Kendali Mirip Video Game 
Kementerian Pertahanan Israel mengatakan ingin memiliki kendaraan lapis baja yang dapat dioperasikan oleh dua personel dan dengan palka tertutup.
Sumber dari pejabat yang terlibat dalam proyek tersebut mengatakan kendaraan lapis baja tersebut akan menjadi sebuah pencapaian yang langka.
Kementerian pertahanan telah menugaskan tiga perusahaan Israel, yakni Israel Aerospace Industries dan Rafael Advanced Defence Systems, bersama dengan Elbit Systems, untuk merealisasikan ide-ide tersebut.
Proyek yang disebut dengan " Carmel" tersebut telah mulai diluncurkan sejak tiga tahun lalu, namun tujuan utamanya bukanlah mengembangkan bentuk kendaraan itu sendiri, melainkan menciptakan "otak" dan "sensor" yang kemudian akan diaplikasikan ke tank yang sudah ada.
Setelah melakukan pengembangan, ketiga perusahaan berhasil membuat tank lapis baja yang dikendalikan dua orang, bukan empat seperti pada kebanyakan tank tempur yang ada saat ini.
Kendaraan tersebut juga memiliki opsi kendali otomatis dan dapat mengidentifikasi target dengan bantuan sensor dan kamera, yang digabungkan dengan kecerdasan buatan dan fitur lainnya.
"Ini adalah konsep revolusioner yang didasarkan pada teknologi mutakhir," ujar Brigadir Jenderal Yaniv Rotem, kepala penelitian dan pengembangan militer Kementerian Pertahanan Israel, kepada wartawan.
"Banyak negara dan banyak pasukan militer yang berlomba untuk mencari kendaraan lapis baja di masa depan," tambahnya, dikutip AFP.
Israel telah mendemonstrasikan proyek Carmel tersebut kepada perwakilan militer AS pada Minggu (4/8/2019), dan berencana melakukannya pada negara lainnya.
Tiga perusahaan Israel tersebut telah mempresentasikan model tank mereka yang dilengkapi dengan teknologi masing-masing di pangkalan militer di Israel utara.
Dalam foto-foto yang diterima AFP, tampak tampilan bagian dalam tank, yang memiliki layar besar dengan fungsi sentuh, serta salah satu yang menggunakan alat kendali mirip video game.
Pihak kementerian pertahanan menilai ketiga purwarupa tank tersebut berhasil menjalani serangkaian tes yang dilakukan. Rotem mengatakan, kendaraan lapis baja Israel pada akhirnya bisa mencapai titik yang sepenuhnya otomatis.
Namun dia mengatakan, masih terlalu dini untuk menetapkan kerangka waktu dan anggaran yang tepat untuk proyek tersebut. (Agni Vidya Perdana)
Sumber : kompas.com
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak