Kapal Induk Kedua Tiongkok akan Bawa 36 Jet Tempur

KangUsHa 04:00
Loading...

Kapal induk kedua Tiongkok dapat membawa setidaknya 36 jet tempur J-15 yang dikembangkan di dalam negeri, sekitar 50 persen lebih banyak dari kapal induk pertama negara itu, kata badan penyiaran negara Tiongkok melaporkan pada 13 Agustus.
Liaoning, kapal induk pertama Tiongkok, dapat membawa 24 jet tempur J-15, China Central Television (CCTV) melaporkan.
Tipe 001A
Tipe 001A 
Meskipun kapal induk kedua yang dikenal sebagai Tipe 001A tersebut mirip dengan Liaoning, kapal induk ini memiliki dek penerbangan (flight deck) yang dioptimalkan, area senjata yang berkurang dan superstruktur yang lebih kecil dengan area dek tambahan, kata Li Jie, seorang pakar maritim yang berbasis di Beijing, mengatakan kepada Global Times, mencatat bahwa kapal induk kedua itu juga memiliki hangar yang diperbesar, tetapi mengurangi ruang untuk penyimpanan rudal dibandingkan dengan Liaoning.
24 pesawat J-15 pada Liaoning bisa menjadi faktor yang membatasi [efektivitas Liaoning] karena pertempuran regional mungkin membutuhkan sekitar 40 pesawat tempur untuk dapat merebut supremasi udara, menurut Li. 36 jet tempur pada Tipe 001A akan sangat memperluas kemampuan tempurnya, katanya.
Selain 36 jet tempur J-15, Tipe 001A dapat membawa jenis pesawat lain termasuk helikopter.
Tipe 001A telah diluncurkan pada April 2017 dan telah melakukan enam sea trial sejak Mei 2018.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak