Kemenhan Jepang Setujui Pembelian F-35B - Radar Militer

21 Agustus 2019

Kemenhan Jepang Setujui Pembelian F-35B


Kementerian Pertahanan Jepang pada 16 Agustus secara resmi menyetujui pembelian 42 jet tempur stealth F-35B dari Amerika Serikat dengan harga sekitar 14 miliar yen ($ 132 juta) per unit.
 F-35B
 F-35B 
Pemerintah Jepang pada akhir tahun lalu mengindikasikan bahwa mereka berniat untuk mendapatkan pesawat short take-off and vertical landing (STOVL) tersebut, tetapi belum ada keputusan resmi yang dibuat hingga Jumat lalu.
Pesawat F-35B diproduksi oleh Lockheed Martin Corp.
Kementerian Pertahanan Jepang menerima proposal dari pemerintah AS mengenai F-35B pada bulan Juni yang mengkonfirmasi bahwa pesawat memenuhi semua spesifikasi yang diminati Jepang.
Jumlah anggaran akan disisihkan untuk 18 jet tersebut hingga akhir tahun fiskal 2023. Namun sampai saat ini, belum ada rencana khusus untuk pembayaran 24 jet yang tersisa.
Para pejabat Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pesawat STOVL itu akan dapat mendarat dan lepas landas bahkan dari landasan pacu pendek. Rencana sedang dalam pengerjaan untuk memodifikasi dua kapal destroyer-helikopter Pasukan Bela Diri Maritim Jepang agar pesawat tersebut dapat digunakan pada kapal-kapal itu.(Angga Saja-TSM)
Sumber : asahi.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb