KSAL Laksamana TNI Siwi Suma Adji: Kuasai Laut Kunci untuk Meraih Kejayaan

KangUsHa 22:23
Loading...

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menegaskan, laut bukanlah sebatas sumber kehidupan. Siapapun yang mampu menghadirkan unsur kekuatannya di laut, baik armada kapal perang maupun kapal niaga, akan tampil pada tampuk kejayaan bahkan dapat memegang hegemoni kekuasaan atas negerinya.
KRI Sultan Iskandar Muda - 367 TNI AL
KRI Sultan Iskandar Muda - 367 TNI AL 
Hal itu diungkapkan KSAL saat menjadi pembicara dalam seminar nasional yang mengangkat Sejarah Majapahit dengan tema "Refleksi Kejayaan Negara Agraris, Maritim dan Demokrasi Deliberatif, Dahulu, Kini dan Masa yang Akan Datang" di Museum Nasional Jalan. Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat, Kamis, (29/8/2019).
Dalam paparannya yang berjudul, "Dinamika dan Peran Indonesia Dalam Membangun Peradaban Maritim Dunia” KSAL menyatakan, Kerajaan Majapahit telah mengembangkan potensi kemaritimannya guna mengokohkan hegemoni di bidang perdagangan dan politik.
”Untuk itu, Majapahit memberi perhatian khusus terhadap pembangunan galangan kapal yang mampu membuat kapal-kapal berukuran besar serta mengembangkannya sebagai bandar perdagangan,” ungkapnya.
Di era sekarang ini, TNI Angkatan Laut hadir dalam mendukung kebijakan kelautan Indonesia, menghadapi tantangan keamanan maritim maupun melaksanakan misi diplomasi dengan mengirimkan kapal perang ke Lebanon dalam misi Maritime Task Force maupun KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci muhibah ke negara-negara sahabat.
Seminar yang dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).
Kegiatan tersebut bertujuan menjadikan nilai-nilai dan pengalaman sejarah kejayaan Majapahit untuk dijadikan modal sosial bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan dalam menghadapi berbagai tantangan nasional, regional, maupun global.
Selain KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, pembicara lainnya yakni, Sutarto Alimoeso, Agus Aris Munandar, Plt. Bupati Mojokerto H. Pungkasiadi, Deputi IV Kemenko Maritim Safri Burhanuddin, serta Guru Besar UI Budi Susilo Soepandji. Hadir dalam seminar tersebut, Kadispenal Laksma TNI M. Zaenal, Kadisdikal Laksma TNI Ivan Yulivan, serta Kadiskumal Laksma TNI Kresno Buntoro. (Sucipto)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon