Penampakan Boat Operasi Khusus Stealth USSOCOM di Pelabuhan Naha Jepang

KangUsHa 17:00
Loading...

Beberapa boat stealth Combatant Craft Medium Mark 1 milik Komando Operasi Khusus Amerika Serikat (United States Special Operations Command - USSOCOM) difoto di pelabuhan Naha Jepang pada minggu lalu.
Pengamat kapal memposting beberapa foto boat stealth operasi khusus yang dikenal sebagai dikenal sebagai CCM Mk1 di akun Twitternya.
Boat stealth Combatant Craft Medium Mark 1
Boat stealth Combatant Craft Medium Mark 1 
Foto yang diposting di Twitter pada 11 Agustus lalu menunjukkan pemuatan beberapa boat stealth ke geladak kapal pendarat besar kelas-Runnymede, USAV Harpers Ferry (LCU 2022) di pelabuhan Naha di Prefektur Okinawa. Fasilitas pelabuhan Naha, sebelumnya merupakan Pelabuhan Militer Naha, adalah fasilitas Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Jepang (United States Forces Japan) yang berlokasi di Naha, Okinawa, Jepang, di mulut Sungai Kokuba, yang mengalir ke Laut Cina Timur.
Menurut sumber terbuka, CCM Mk1 adalah boat tempur terbaru berukuran besar, namun bersifat stealth dari armada Naval Special Warfare yang mulai digunakan pada akhir 2015. CCM Mk1 menggantikan armada boat Mk V dan Rigid Hull Inflatable Boat milik Komando Operasi Khusus AS yang telah menua.
Boat sepanjang 60 kaki ini memiliki hull aluminium ganda yang tahan terhadap tembakan senjata api ringan. Boat didorong oleh baling-baling yang digerakkan oleh 2 mesin diesel.
Boat memiliki kabin tertutup dan dek belakang terbuka. Konstruksi boat mencakup fitur mitigasi guncangan yang dirancang untuk mengurangi stres fisik yang diterima oleh penumpangnya, menurut americanspecialops.com.
CCM Mk1 tidak dapat diterjunkan dengan parasut tetapi dapat diangkut oleh pesawat C-17A Globemaster III (boat Mk V SOC yang lama memerlukan pesawat C-5 Galaxy untuk mengangkutnya). Boat dapat dikerahkan dari kapal permukaan besar seperti LPD kelas San ​​Antonio dan LHD kelas Wasp atau kapal pendarat besar kelas
Runnymede.
Desain CCM Mk1 tampaknya difokuskan pada observabilitas yang rendah dengan profil yang sangat rendah dan garis tubuh yang ramping. Menurut USSOCOM, senjata standar yang dapat dipasang di boat tersebut meliputi:
senapan mesin M2HB, M240G (FN MAG) dan peluncur granat Mk 19. Remote weapon station 12,7mm dapat dipasang di haluan.
Sensor FLIR dan antena kounikasi HF/VHF/UHF serta radar navigasi (dalam cupola stealth) dapat dipasang di atas kabin.(Angga Saja-TSM)
Spesifikasi :
  • Panjang : 60 kaki
  • Kecepatan : 50+ knot
  • Jangkauan : 400 mil laut
  • Muatan : 7.750 lb
  • Penumpang : sampai 19 orang
  • Mesin : Twin forced induction diesel engine
  • Hull : Double step hull made of aluminum
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak