Pesawat Latih C-101 AU Spanyol Jatuh ke Laut

KangUsHa 12:43
Loading...

Sebuah pesawat latih lanjut Casa C-101 Aviojet milik Ejército del Aire (Angkatan Udara Spanyol), jatuh ke perairan Mediterania tanggal 26 Agustus pukul 09:38 waktu setempat dalam sebuah kecelakaan di lepas pantai La Manga del Mar Menor, di Murcia, tidak jauh dari Pangkalan Udara San Javier.
C-101 AU Spanyol
C-101 AU Spanyol 
Menurut laporan awal yang belum terkonfirmasi, pesawat itu milik Patrulla Águila ("Patroli Elang"), tim aerobatik Angkatan Udara Spanyol dan satu-satunya pilot di pesawat yang berhasil melakukan eject sebelum pesawat menghantam air laut. Berita itu kemudian diedit.
Pada awalnya, satu-satunya pernyataan resmi hanya mengatakan bahwa pesawat tersebut diterbangkan oleh IP (Instructor Pilot) dari Academia General del Aire, akademi perwira Angkatan Udara Spanyol, yang berbasis di San Javier, pangkalan udara yang sama yang menjadi rumah bagi tim demonstrasi aerobatic Angkatan Udara Spanyol.
Tim Patrulla Águila menerbangkan tujuh pesawat Casa C-101 Aviojet.
Video kejadian itu diposting online. Rekaman tampaknya tidak menunjukkan adanya pilot yang eject; malahan sepertinya pesawat itu sedang dipiloti dan berusaha melakukan recovery sebelum menghantam air.
Menurut Facebook Page European Airshow Council, pilot pesawat, Cmdte. Paco Marin telah meninggal karena kecelakaan tersebut.
C-101 adalah pesawat latih yang memungkinkan pelatihan penerbangan "dari tahap awal penerbangan hingga transisi ke pesawat tempur," Kementerian Pertahanan Spanyol menjelaskan di situs webnya. Pesawat tersebut sepenuhnya dibangun di Spanyol oleh Aeronautical Constructions (CASA). Selain sebagai pesawat latih, C-101 juga digunakan sebagai pesawat serang ringan. Pesawat tersebut digunakan diantaranya oleh Spanyol, Chili, Honduras dan Yordania.
Pengawas dan Penyelamatan Pantai (Plan Copla) telah datang ke daerah itu untuk menemukan dan menyelamatkan pilot.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak