Singapura Pensiunkan Tiga Kapal Patroli Kelas Fearless - Radar Militer

30 Agustus 2019

Singapura Pensiunkan Tiga Kapal Patroli Kelas Fearless


Kini hanya tinggal satu kapal patroli kelas Fearless yang masih beroperasi setelah Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) menonaktifkan tiga kapal di kelas tersebut pada 27 Agustus kemarin.
RSS Fearless, RSS Brave dan RSS Dauntless dinonaktifkan di Pangkalan Angkatan Laut Tuas dalam upacara yang dipimpin oleh Panglima AL Singapura, Rear-Admiral (RADM) Lew Chuen Hong.
Kapal Patroli Kelas Fearless
Kapal Patroli Kelas Fearless 
Fearless dan Brave mulai beroperasi pada tahun 1996 sementara Dauntless bergabung pada tahun 1997.
Kapal-kapal kelas Fearless dibangun oleh perusahaan Singapura, ST Engineering (Marine), dengan total produksi sejumlah 12 unit yang kesemuanya digunakan oleh AL Singapura. Kapal tersebut memiliki displacement 500 ton dengan panjang 55m, lebar 8,6m dan draft 2,7m. Kapal dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 20 knot dan menjangkau jarak hingga 1.000 mil laut (pada kecepatan 15 knot). Persenjataan yang diusungnya antara lain adalah meriam utama Oto Melara 76mm, rudal anti pesawat Mistral, torpedo Euro Torp A244/S Mod 1, dan 4 senapan mesin STK 50MG kaliber 12,7mm.
Pemensiun ketiga kapal tersebut merupakan bagian dari proses yang akan membuat RSN beralih ke littoral mission vessel (LMV) yang lebih besar dan lebih modern, dimana semuanya berjumlah delapan telah aktif terhitung Januari 2019.
Singapura memulai program LMV pada 2013 dengan tujuan mengganti kapal kelas Fearless. LMV diharapkan akan beroperasi penuh pada tahun 2020.(Angga Saja-TSM)
Sumber :  navaltoday.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb