Kapal Induk Inggris HMS Elizabeth II Lakukan Uji Operasional dengan Membawa Jet Tempur F-35B Menuju AS

KangUsHa 23:00
Loading...

Kapal induk Angkatan Laut Kerajaan Inggris, HMS Queen Elizabeth, telah berlayar dari Portsmouth menuju pantai timur Amerika Serikat (AS) untuk uji coba operasional dengan pesawat jet tempur siluman F-35B. Kapal raksasa ini meninggalkan Portsmouth sejak hari Jumat.
Penempatan kapal induk di pantai timur AS dikenal sebagai 'WESTLANT 19' akan membuat operator melakukan "Pengujian Operasional" dengan jet tempur F-35B untuk pertama kalinya saat kapal itu mulai mendekati tahun penyebaran operasionalnya pada 2021.
Kapal Induk Inggris HMS Elizabeth II
Kapal Induk Inggris HMS Elizabeth II  
Kapal tersebut juga akan menghabiskan waktu di Kanada selama tur empat bulannya. Pengujian Operasional dirancang untuk menempatkan jet tempur, kapal dan unit pendukung melalui langkah mereka. Pengujian memungkinkan peralatan dan kru untuk beroperasi di bawah skenario perang realistis untuk mempersiapkan mereka guna penyebaran operasional pertamanya.
"HMS Queen Elizabeth adalah simbol dari jangkauan dan kekuasaan global Inggris. Saat dia memasuki tahap program ini, dia akan menunjukkan kesiapan teknik, kemampuan, dan kesiapan tempurnya yang luar biasa," kata Menteri Pertahanan Anne-Marie Trevelyan, dikutip dari situs web pemerintah Inggris, gov.uk, Sabtu (31/8/2019).
"Saat ia melakukan perjalanan keduanya melintasi Atlantik, HMS Queen Elizabeth juga akan memperkuat hubungan khusus kami dengan AS dan Kanada. Pasukan Angkatan Laut kami akan mengunjungi Kanada kemudian menghabiskan beberapa bulan mendatang bekerja dan berlatih berdampingan dengan AS untuk memastikan misi tempur kapal induk Inggris siap untuk operasi pada tahun 2021," ujarnya.
Penempatan tersebut merupakan hubungan positif yang terus berlanjut antara Inggris dan AS. Unit-unit dari Angkatan Laut Amerika Serikat, Angkatan Udara AS, dan Korps Marinir AS semuanya akan ambil bagian dalam penyebaran "WESTLANT 19", yanng lebih lanjut menunjukkan kemitraan erat antara kedua sekutu NATO.
Saat berada di laut, HMS Queen Elizabeth didampingi oleh unit lain dari Commander UK Carrier Strike Group (COMUKCSG) termasuk kapal perusak Tipe-45, fregat Tipe-23, dan aset udara dari Carrier Air Wing. Ini memberikan keterampilan dan pelatihan perang yang vital untuk setiap elemen pada kemampuan serangan kapal induk Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang kuat.
"Mengomandoi kapal perang apa pun adalah hak istimewa tetapi untuk dapat mengomandoi HMS Queen Elizabeth selama fase penting dari pengembangan kemampuannya ini adalah suatu kehormatan nyata," kata komandan HMS Queen Elizabeth, Kapten Steve Moorhouse.
HMS Queen Elizabeth juga akan menjadi tuan rumah Forum Masa Depan Atlantik kedua selama kunjungannya di AS, sebagai lanjutan dari forum perdana yang diadakan tahun lalu di New York.Forum ini menyediakan platform bagi para inovator, pemimpin bisnis dan pengusaha teknologi di seluruh pemerintah dan industri untuk mengeksplorasi tren dunia maya, kecerdasan buatan dan antariksa, teknologi, dan ancaman.
Kapal induk HMS Queen Elizabeth dan kelompok tempurnya akan kembali ke Inggris pada akhir tahun. Kapal saudara HMS Queen Elizabeth, HMS Prince of Wales sedang dalam tahap akhir pembangunan di Rosyth Dockyard. (Muhaimin)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon