Korut Dilaporkan Bersiap Luncurkan Kapal Selam Berkemampuan Nuklir - Radar Militer

21 September 2019

Korut Dilaporkan Bersiap Luncurkan Kapal Selam Berkemampuan Nuklir


Korea Utara (Korut) kemungkinan tengah bersiap-siap untuk meluncurkan kapal selam baru yang mampu menembakkan rudal balistik. Hal itu didasari pada gambar satelit yang didapatkan oleh para peneliti Amerika Serikat (AS).
Korea Utara
Korea Utara 
Para peneliti di Middlebury Institute of International Studies dan operator satelit Planet Labs mengatakan kepada NHK bahwa mereka telah menganalisis gambar-gambar galangan kapal di kota pelabuhan timur Sinpo.
Pada 3 September setidaknya 13 benda seperti pilar dapat dilihat di sepanjang dermaga, dengan beberapa kendaraan bergerak di sekitarnya. Sedangkan gambar yang diambil pada 12 September menunjukkan konstruksi struktur besar yang menjorok ke dermaga dan air. Sedangkan gambar terbaru pada Kamis, menunjukkan struktur yang mencakup hampir seluruh dermaga.
Para peneliti mengatakan struktur itu sekarang sekitar 100 meter, yang jauh lebih lama daripada yang digunakan untuk membangun kapal selam konvensional Korut. Mereka mengatakan Pyongyang mungkin bersiap untuk meluncurkan kapal selam baru yang mampu membawa rudal balistik seperti dikutip dari kantor berita Jepang itu, Jumat (20/9/2019).
Associate Riset Senior David Schmerler mengatakan struktur itu dapat digunakan untuk pemeliharaan dan pengembangan kapal selam, serta mendorong program rudal balistik yang diluncurkan kapal selam negara itu.
Keberadaan kapal selam Korut telah lama muncul ke permukaan. Pada bulan Juli-Agustus lalu beredar sejumlah foto yang memperlihatkan Pemimpin Korut Kim Jong-un melakukan inspeksi terhadap kapal selam yang baru dibuat negaranya.
Kapal selam itu disinyalir adalah kapal selam kelas Golf milik Uni Soviet yang sudah disulap menjadi baru. (Berlianto)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb